Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Akhlak Mazmumah Merokok Siswa SMP Negeri 1 Trumon

Syifa Ulhusni, 190201109 (2023) Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Akhlak Mazmumah Merokok Siswa SMP Negeri 1 Trumon. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Akhlak Mazmumah      Merokok Siswa SMP Negeri 1 Trumon] Text (Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Akhlak Mazmumah Merokok Siswa SMP Negeri 1 Trumon)
Syifa Ulhusni (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Teman sebaya sangat berpengaruh dalam membangun serta memotivasi antar sesamanya. Tapi tak jarang pula teman sebaya justru memberikan pengaruh antar sesamanya kepada akhlak mazmumah (tercela). Salah satu pengaruh teman sebaya ialah mengajak merokok. Merokok merupakan bagian dari akhlak mazmumah. Merokok di kalangan remaja yang masih sekolah bukanlah hal yang jarang dijumpai. Siswa saling mengajak dan mempengaruhi antar sesamanya untuk merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi teman sebaya mempengaruhi siswa yang merokok; bagaimana respon siswa dalam mengahadapi ajakan teman sebaya untuk merokok; dan bagaimana peran edukatif orang tua terhadap anak yang terindikasi merokok siswa SMP Negeri 1 Trumon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan Subjek penelitian ini adalah 8 siswa dan 8 orang tua siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi teman sebaya mempengaruhi siswa adalah dengan cara mengajak langsung, memberikan rokok langsung kepada temannya, merayu temannya dengan mengatakan segala kenikmatan rokok, serta ada bentuk ejekan bagi temannya yang tidak merokok supaya memancing temannya untuk merokok. Adapun respon siswa saat menghadapi ajakan teman merokok adalah awalnya mereka tidak berani karena takut terhadap orang tuanya, tetapi karena rasa penasaran dan terus diajak oleh temannya maka mereka mencobanya tanpa ada keterpaksaan. Siswa akan merokok apabila ada kemauan untuk merokok Dan mereka juga akan menolak ajakan temannya apabila sedang tidak mau untuk merokok. Adapun peran edukatif orang tua terhadap anak yang terindikasi merokok ialah orang tua berperan sebagai pembimbing karena memberikan bimbingan serta nasehat kepada anaknya, orang tua juga melakukan penguatan hubungan emosional terhadap anaknya agar mudah mendengar nasehatnya. Namun sebagian Orang tua menempuh pendekatan kekerasan. Orang tua juga berperan sebagai pengawas seperti membatasi pergaulan anak, orang tua juga sering menanyakan anak sebelum pergi bermain dan bertanya setelah pulang bermain mengenai aktivitasnya diluar rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.1 Akhlak
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syifa Ulhusni Faul
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:31
Last Modified: 21 Aug 2023 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30985

Actions (login required)

View Item
View Item