An-Nidalu Fi Nasyidi "Tabsiratan" Li Muhammadin Al Muqit (Dirasatu Simiya'iyyati)

Siti Nurshadrina, 190502044 (2023) An-Nidalu Fi Nasyidi "Tabsiratan" Li Muhammadin Al Muqit (Dirasatu Simiya'iyyati). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of An-Nidalu Fi Nasyidi "Tabsiratan" Li Muhammadin Al Muqit (Dirasatu Simiya'iyyati)] Text (An-Nidalu Fi Nasyidi "Tabsiratan" Li Muhammadin Al Muqit (Dirasatu Simiya'iyyati))
Siti Nurshadrina, 190502044, FAH, BSA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Perjuangan di dalam Nasyid "Tabshirah" li Muhammad Al Muqit (Dirasah Simiya'iyyah). Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana makna perjuangan di dalam Nasyid “Tabsirah” dengan menggunakan teori semiotika Michael Riffatere. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode analisis deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis semiotika perjuangan dalam Nasyid “Tabsirah” karya Muhammad Al-Muqit. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) Pembacaan Heuristik dimana peneliti menjelaskan makna nasyid tersebut secara perbait dan dari setiap bait menunjukkan bahwa mereka telah mempersiapkan diri untuk berjuang kejalan yang benar dengan mempelajari iman dan membawa iman tersebut bersamanya, (2) Pembacaan Hermeneutik peneliti menafsirkan setiap kata kiasan yang terdapat didalam perbait nasyid tersebut : jalan hidup, risalah, cahaya, dipadamkan, tenggelam, menyimpang, duri dan musim semi, (3) Ketidaklangsungan Ekspresi terdapat dalam bait (1, 2, 4, 5 7), (4) matriks adalah perjuangan terhadap sesama umat islam, (5) Model adalah perjuangan atas kebenaran, kenyakinan, dan peringatan, (6) Varian adalah bait-bait yang berkaitan dengan model, dan (7) Hipogram adalah subjek Nasyid Ini, yang menunjukkan bahwa Al Muqit adalah penyair yang taat dan beriman kepada Allah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Siti Nurshadrina
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:10
Last Modified: 21 Aug 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30988

Actions (login required)

View Item
View Item