Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 22 Aceh Besar

Muhammad Furqan, 170209067 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 22 Aceh Besar] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 22 Aceh Besar)
Muhammad Furqan, 170209067, FTK, PGMI, 082123860230.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran teka teki silang pada pembelajaran IPS kelas IV MIN 22 Aceh Besar dilatarbelakangi dengan penggunaan media pembelajaran kurang bervariasi, tingkat keefektifan penggunaan media masih rendah, peserta didik tidak aktif, kurang bersemangat, dan antusias dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian skripsi ini adalah bagaimana desain media teka teki silang pada pembelajaran IPS dan bagaimana keefektifan media pembelajaran teka teki silang pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Teknik pengumpulan data melalui lembar validasi ahli, angket dan observasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran teka teki silang didesain dengan cara: (1) melakukan identifikasi kebutuhan, (2) merumuskan kompetensi dasar, (3) merancang media, (4) melakukan validasi dan uji coba, dengan perolehan persentase rata-rata validasi dari ahli materi sebesar 100% dan 94% diraih dari dua validator dengan kategori sangat layak. Dari ahli media persentase 100% dan 91% diraih dari dua validator dengan kategori sangat layak. Dari ahli Bahasa persentase 86% dan 80% diraih dari dua validator dengan kategori sangat layak. Dari persentase rata-rata respon guru sebesar 100% dikategorikan sangat layak. Sedangkan pada uji coba skala kecil dan skala besar persentase rata-rata yaitu 100% dikategorikan sangat layak. (5) melakukan revisi media, adapun kelayakan media pembelajaran teka teki silang pada pembelajaran IPS dengan perolehan 100% dikategorikan pada pembelajaran sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran teka teki silang pada pembelajaran IPS yang telah dikembangkan dan layak untuk digunakan di MIN 22 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Teka Teki Silang, Pembelajaran IPS
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Furqan
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:12
Last Modified: 21 Aug 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30989

Actions (login required)

View Item
View Item