Peran Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Usaha Ekonomi Produktif (Studi Pada Program Usaha Ekonomi Produktif di Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar)

Reishanda, 190802076 (2023) Peran Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Usaha Ekonomi Produktif (Studi Pada Program Usaha Ekonomi Produktif di Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Usaha Ekonomi Produktif (Studi Pada Program Usaha Ekonomi Produktif di Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar)] Text (Peran Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Usaha Ekonomi Produktif (Studi Pada Program Usaha Ekonomi Produktif di Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar))
reishanda (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Aceh Besar merupakan salah satu kabupaten di Aceh dengan tingkat kemiskinan yang masih tinggi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Aceh Besar mencapai 409,527. Tingkat pendidikan di Kabupaten Aceh Besar masih sangat rendah, minimnya minat belajar masyarakat Aceh Besar di sebabkan oleh tingginya biaya dan kebutuhan pendidikan yang tidak sesuai dengan pendapatan masyarakat. Dan juga masih banyak angkatan kerja di Aceh Besar yang menganggur atau sama sekali tidak mempunyai pekerjaan, hal ini sangat berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program usaha ekonomi produktif dan untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan program usaha ekonomi produktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yaitu menggambarkan usaha ekonomi produktif adalah bantuan stimulan yang diberikan bagi mereka yang sudah memiliki usaha maupun tujuan untuk meningkatkan kemandirian, meningkatkan kemampuan usaha ekonomi dan produktivitas kerja. Mekanisme penyaluran bantuan usaha ekonomi produktif yaitu pendataan, peninjauan, sosialisasi dan pendampingan sosial. Peran Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program usaha ekonomi produktif pelaksanaannya sudah berjalan dengan optimal. Namun, dalam pelaksanaan program usaha ekonomi produktif masih ada hambatan yaitu ketidaktepatan sasaran penerima bantuan sehingga masih ada hal-hal yang harus diperbaiki kedepannya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya bantuan usaha ekonomi produktif memberi dampak yang baik bagi fakir miskin yang menerima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Reishanda Caca
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:21
Last Modified: 21 Aug 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30990

Actions (login required)

View Item
View Item