Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Sanksi Edukatif Di MTsS Madrasah Islam Nurul Azizi Kabupaten Asahan, Sumatera Utara

M. Yusuf Pangaribuan, 190201180 (2023) Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Sanksi Edukatif Di MTsS Madrasah Islam Nurul Azizi Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Sanksi Edukatif Di         MTsS Madrasah Islam Nurul Azizi Kabupaten Asahan,  Sumatera Utara] Text (Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Sanksi Edukatif Di MTsS Madrasah Islam Nurul Azizi Kabupaten Asahan, Sumatera Utara)
SKRIPSI YUSUF114 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam agama Islam. Sama halnya ketika siswa berada di madrasah, akhlak menjadi perhatian serius dari keberhasilan orang tua dan guru dalam mendidik anak/siswanya. Berbagai upaya sudah dilakukan guna membentuk akhlak siswa, akan tetapi masih ada sebagian siswa di MTsS MINA Asahan yang memiliki akhlak kurang baik atau melanggar peraturan sekolah. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini, Apa saja bentuk sanksi edukatif yang mempengaruhi pembentukan akhlak siswa di MTsS MINA Kabupaten Asahan? Bagaimana hasil dari penerapan sanksi edukatif terhadap pembentukan akhlak siswa yang melanggar aturan di MTsS MINA Kabupaten Asahan?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan tiga tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada 4 bentuk sanksi edukatif di MTsS MINA Asahan, yaitu 1). Membuat surat perjanjian, 2). Menghafal surah yang ada di juz ‘Amma, 3). Membaca istighfar 100 X, 4). Guru memberikan nasihat. Hasil dari penerapan sanksi edukatif terhadap pembentukan akhlak sangat berdampak positif, bahkan dampaknya mencakup tiga hal, yaitu perubahan afektif, perubahan kognitif, perubahan psikomotorik. Sanksi edukatif ini dinilai sangat membantu dalam pembentukan akhlak dan memiliki dampak lebih luas. Walaupun setiap sanksi yang di implementasikan itu ada kelebihan dan kekurangannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Yusuf Pangaribuan Yusuf
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:16
Last Modified: 21 Aug 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30992

Actions (login required)

View Item
View Item