Pengaruh Penggunaan Gadget Game Solitekids Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Kelas B TK IT Hafizul Ilmi Blang Krueng

Nurul Annisa, 180210072 (2023) Pengaruh Penggunaan Gadget Game Solitekids Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Kelas B TK IT Hafizul Ilmi Blang Krueng. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Gadget Game Solitekids, Perkembangan Kognitif] Text (Gadget Game Solitekids, Perkembangan Kognitif)
Nurul Annisa, 180210072, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berpikir simbolik merupakan tahap awal dalam pemikiran praoperasional pada anak usia dini, berpikir simbolik menjadi salah satu dari aspek perkembangan kognitif, dimana pada tahap ini anak sudah mampu mengenal lambang bilangan sesuai dengan tingkat umurnya. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di Tk It Hafizul Ilmi terlihat masih kurangnya dalam menstimulus anak dalam mengenal lambang bilangan, anak mampu dalam menyebutkan lambang bilangan namun anak tidak mengetahui lambang bilangan yang anak sebutkan, sebagian anak belum berurutan pada saat menyebutkan lambang bilangan 1-10, anak hanya mengenal dengan bunyi bilangan tetapi masih sulit dalam pengucapan, dimana anak masih terkendala dalam mengingat lambang bilangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Penggunaan Gadget Game Solitekids Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan Pre-Eksperimental Designs dengan designs One-Group Pretest-Posttest Designs. Penelitiaan ini dilakukan di kelas B Tk It Hafizul Ilmi dengan sampel 29 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Dapat dilihat pada hasil uji hipotesis dengan jenis uji Independent Sampel T-Test diperoleh nilai 0,000 < 0,05 artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget game solitekids berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di kelas B Tk It Hafizul Ilmi yang dilihat dari kemampuan berpikir simbolik anak termasuk kriteria berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nurul Annisa Nurul
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:19
Last Modified: 21 Aug 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30993

Actions (login required)

View Item
View Item