Layanan Pengaduan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh

Athifah Humaira, 190802029 (2023) Layanan Pengaduan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Layanan Pengaduan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh] Text (Layanan Pengaduan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh)
Athifah Humaira (190802029).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan serta perubahan tentang berbagai sesuatu mendasar pada kehidupan manusia menjadikan negara Indonesia harus semakin sigap dalam memberikan dan memenuhi setiap kebutuhan masyarakat, sehingga dengan ini akan berdampak kepada pelayanan yang diberikan dan dilaksankan oleh pemerintah. Penyelenggaraan pelayanan publik terkait pengaduan maupun keluhan serta kebutuhan oleh masyarakat masih terlihat belum memadai, seperti halnya dalam mengurus surat perizinan yang sulit, tidak terdapat kejelasan terkait waktu dokumen selesai, tarif yang tidak pasti, prosedur yang kurang terbuka, maupun respon petugas pelayanan yang belum ramah dan responsive, sehingga hal ini mengakibatkan masyarakat yang kurang memiliki kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Didalam pelayanan publik terdapat pelayanan prima, Pelayanan prima adalah sebuah tindakan atau upaya yang dilakukan perusahaan atau upaya yang dilakukan oleh suatu organisasi tertentu untuk memberikan pelayanan maksimal, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan oleh DPMPTSP Aceh dan apa faktor pendukung dan penghambat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk suatu kajian yang bersifat deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang dilakukan untuk meneliti objek, suatu kondisi, sekelompok manusia, atau fenomena lainnya dengan kondisi alamiah atau riil (tanpa situasi eksperimen) untuk membuat gambaran umum yang sistematis atau deskripsi rinci yang faktual dan akurat., Hasil penelitian menunjukkan bawhasannya masih ada beberapa pelayanan yang kurang memuaskan sehingga masih banyaknya pengaduan yang diajukan oleh masyarakat, masih adanya pelayanan perizinan yang masih manual, Ketika mengajukan perizinan secara online status perizinannya tidak diketahui sudah sampai mana dan ketepatan waktu penyelesaian tidak jelas dan tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, namun kantor DPMPTSP selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja kantor sehingga ada perubahan menjadi lebih baik dalam memberikan layanan, seperti disediakannya E-Klinik untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan dan ingin mengajukan pengaduan bisa dilakukan secara online.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Athifah Humaira Athifah
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:24
Last Modified: 21 Aug 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30994

Actions (login required)

View Item
View Item