Akuntabilitas Pengelolaan Zakat di Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara

Armiadi, 2012117101 (2023) Akuntabilitas Pengelolaan Zakat di Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara. In: Akuntabilitas Pengelolaan Zakat di Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Akuntabilitas Pengelolaan Zakat di Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara] Text (Akuntabilitas Pengelolaan Zakat di Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara)
LP_PDI_2019-Armiadi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara merupakan lembaga peralihan dari Bazis tahun 2004. Keberadaan lembaga ini memegang posisi sentral dalam masyarakat Aceh Utara terutama mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kepercayaan muzakki. Peran ini masih kurang optimal dijalankan oleh lembaga terutama dalam hal akuntabiltasnya kepada masyarakat. Problematika ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor regulasi yang ketat sebagai zakat telah dijadikan PAD, sehingga terikat dengan berbagai aturan tentang keuangan negara dan kerahasiannya. Disisi lain, adanya transparansi informasi juga menjadi keharusan sebab Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara juga merupakan lembaga publik yang bertanggung jawab terdapat masyarakat umum.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:01
Last Modified: 07 Nov 2023 09:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30995

Actions (login required)

View Item
View Item