Evaluasi Kebijakan Pengembangan Objek Wisata Tapak Tuan Tapa Di Kabupaten Aceh Selatan

Indah Rizki Amalia, 180802040 (2023) Evaluasi Kebijakan Pengembangan Objek Wisata Tapak Tuan Tapa Di Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Evaluasi Kebijakan, Pengembangan, Objek wisata] Text (Evaluasi Kebijakan, Pengembangan, Objek wisata)
Indah Rizki Amalia, 180802040, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Objek wisata merupakan suatu aktivitas yang dapat menarik minat wisatawan atau pengunjung untuk dapat datang kesuatu tempat/daerah tertentu. Untuk mengembangkan suatu objek wisata yang memiliki potensi dari segi geografis seperti pemandangan alam, peninggalan sejarah dan seni budaya. Pengembangan pariwisata dapat memacu pertumbuhan ekonomi suatu wilayah, pariwisata dianggap sebagai suatu aset yang strategi untuk mendorong pembangunan pada wilayah-wilayah tertentu yang memiliki potensi objek wisata. Capaian kebijakan atau program yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Aceh Selatan pada pengembangan objek wisata Tapak Tuan Tapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya upaya pengembangan objek wisata Tapak Tuan Tapa oleh pemerintah kabupaten Aceh Selatan telah dilakukan pengembangan, hal ini dapat dilakukan melalui adanya proses (input), hasil (output), dan dampak (impact). Meskipun demikian, pengembangan objek wisata belum berjalan secara maksimal dikarenakan masih ada beberapa infrastruktur sarana dan prasarana yang belum diperbaiki dan keterbatasan anggaran. Kesimpulan bahwa evaluasi kebijakan pengembangan objek wisata sebahagian sudah dilaksanakan program atau kegiatan dengan baik, namun belum dapat berjalan secara maksimal dikarenakan masih adanya tantangan yang dihadapi oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Indah Rizki Amalia Indah
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:22
Last Modified: 21 Aug 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30996

Actions (login required)

View Item
View Item