Identifikasi Pedagogical Content Knowledge Alumni Prodi Pendidika Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar- Raniry Banda Aceh

Asyraf Muzaffar, 2030056802 (2023) Identifikasi Pedagogical Content Knowledge Alumni Prodi Pendidika Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar- Raniry Banda Aceh. In: Identifikasi Pedagogical Content Knowledge Alumni Prodi Pendidika Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Identifikasi Pedagogical Content Knowledge Alumni Prodi Pendidika Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar- Raniry Banda Aceh] Text (Identifikasi Pedagogical Content Knowledge Alumni Prodi Pendidika Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar- Raniry Banda Aceh)
LP_PDI_2019-Asyraf Muzaffar.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya kualitas guru salah satunya disebabkan kurangnya pemahaman guru terhadap cara mendidik serta masih rendahnya penguasan dan pemahaman terhadap materi ajar. Para calon guru sering memahami subject matter knowledge (SMK) secara terpisah-pisah yang berakibat pada kesulitan untuk mengakses pengetahuan tersebut ketika mengajarkannya. Padahal pedagogik dan pengetahuan materi merupakan suatu pengetahuan dan kemampuan yang harus dipahami dan dimiliki secara bersama oleh guru. Pengetahuan dan kemampuan ini disebut pedagocical content knowledge. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pedagogical content knowledge Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif naturalistik dengan pendekatan kualitatif. Data pedagogical content knowledge diperoleh dari alumni prodi pendidikan Bahasa Arab UIN Ar-Raniry Banda Aceh melalui angket, observasi dan wawancara. Analisis data angket dilakukan persentase dan data wawancara dan observasi dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan rerata penguasaan dan pemahaman terhadap komponen pedagogical content knowledge alumni Pendidikan Bahasa Arab adalah 84,4 dengan rata-rata pengetahuan materi adalah 83,3, pengajaran dan representatif adalah 84,3, tujuan dan konteks pembelajaran adalah 83,3 serta pengetahuan tentang pemahaman siswa adalah 86,7. Hal ini menunjukkan kemampuan pedagogical content knowledge alumni Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry sudah baik. Meskipun demikian, beberapa komponen dasar mengenai pengajaran dan representatif serta pengetahuan pemahaman siswa masih belum dipahami dengan mendalam oleh alumni prodi pendidikan bahasa Arab FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan rentang pencapaian hanya 16% hingga 19,8%.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:01
Last Modified: 07 Nov 2023 09:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31002

Actions (login required)

View Item
View Item