Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan National Council Of Teacher Of Mathmatics (NCTM) melalui Tugas Tersruktur dengan Menggunakan Information and Comunication Technologies (ICT)

Hafirani, 2030056803 (2023) Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan National Council Of Teacher Of Mathmatics (NCTM) melalui Tugas Tersruktur dengan Menggunakan Information and Comunication Technologies (ICT). In: Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan National Council Of Teacher Of Mathmatics (NCTM) melalui Tugas Tersruktur dengan Menggunakan Information and Comunication Technologies (ICT). Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan National Council Of Teacher Of Mathmatics (NCTM) melalui Tugas Tersruktur dengan Menggunakan Information and Comunication Technologies (ICT)] Text (Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan National Council Of Teacher Of Mathmatics (NCTM) melalui Tugas Tersruktur dengan Menggunakan Information and Comunication Technologies (ICT))
LP_PDI_2019-HAFRIANI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

National Council Of Theacher Of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa pembelajaran matematika bertujuan untuk mengembangkan lima kemampuan dasar, yaitu kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, kemampuan koneksi, kemampuan penalaran, dan kemampuan representasi siswa. Kelima kemampuan tersebut sangat penting diperhatikan dan perlu dijamin ketercapaiannya. Oleh karena itu pengembangan kelima kemampuan tersebut tidak bisa dipisahkan karena saling berkontribusi antara satu kemampuan dengan kemampuan lainnya. Namun, kenyataan yang terlihat saat ini kelima kemampuan dasar matematika siswa masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kelima kemampuan dasar matematika melalui tugas terstruktur dengan berbantuan blog. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai bagaimana pentingnya kemampuan dasar matematika dalam pembelajaran matematika dan bagaimana pembelajaran matematika yang dapat membangun kemampuan dasar matematika pada siswa. Salah satu diantaranya adalah dengan menerapkan metode tugas terstruktur berbantuan blog. Sampel dalam penelitian ini adalah 5 kelas dari 11 kelas X MAN 1 Aceh Barat dan 1 kelas dari 2 kelas X SMA Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya yang dipilih dengan random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes tulis (Pre-Test dan Post-Test) kelima kemampuan dasar matematika dan wawancara pada beberapa siswa. Data bersumber dari hasil tes dan hasil wawancara yang telah diberikan kepada siswa. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak semua kemampuan dasar itu berkembang dengan pembelajaran menggunakan tugas terstruktur berbantuan blog. Dari kelima kemampuan dasar matematika dengan pembelajaran menggunakan tugas terstruktur berbantuan blog, ada tiga kemampuan dasar matematika yang berkembang, yaitu kemampuan pemecahan masalah, kemampuan koneksi matematis, dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sedangkan dua kemampuan dasar matematika yang lainnya tidak berkembang, yaitu kemampuan penalaran matematis dan kemampuan representasi matematis siswa.

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:01
Last Modified: 07 Nov 2023 09:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31010

Actions (login required)

View Item
View Item