Inovasi Kurikulum Figh pada Dayah di Aceh (Aceh Besar, Pidie Jaya)

Ismail Anshari, 2031126317 (2023) Inovasi Kurikulum Figh pada Dayah di Aceh (Aceh Besar, Pidie Jaya). In: Inovasi Kurikulum Figh pada Dayah di Aceh (Aceh Besar, Pidie Jaya). Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Inovasi Kurikulum Figh pada Dayah di Aceh (Aceh Besar, Pidie Jaya)] Text (Inovasi Kurikulum Figh pada Dayah di Aceh (Aceh Besar, Pidie Jaya))
LP_PDI_2019-Ismail Anshari.pdf - Published Version

Download (388kB)

Abstract

Pendidikan tradisional dayah di Aceh yang dalam sejarahnya telah berkontribusi dalam memberikan output gemilang, tetapi saat ini mulai menghadapi tantangan serius yang mengarah pada kualitas pendidikan yang belum optimal. Pembelajaran fiqh pada dayah tradisional yang telah mencetak lulusan berkualitas mulai mengalami kemunduran. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis melalui pendekatan kualitatif menunjukkan beberapa temuan yang signifikan. Pertama, dayah tradisional di Aceh dalam pembelajaran fiqh telah mengadopsi kurikulum dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh. Kedua, pengintegrasian media pembelajaran dalam pengajaran fiqh pada dayah tradisional di Aceh belum mampu meningkatkan kualitas pembelajaran fiqh. Ketigas, kontinuitas inovasi dalam pengintegrasian media pembelajaran pada pembelajaran fiqh sangat dipengaruhi oleh dukungan internal dan eksternal sehingga inovasi yang berkelanjutan dan komprehensif menjadi sebuah keharusan agar output yang dihasilkan maksimal. Tulisan ini menyarankan adanya suatu transformasi dalam pembelajaran fiqh pada dayah tradisional dengan mengaktualisasikan pembelajaran yang berorientasi pada penguasan materi melalui pengintegrasian media pembelajaran.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:02
Last Modified: 07 Nov 2023 09:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31012

Actions (login required)

View Item
View Item