Eksplorasi Kitab Umm al-Barāhin: Analisis Keterkaitannya dengan Materi Buku Akidah Akhlak Jenjang Aliyah

Sarah Ulfah, 211003005 (2023) Eksplorasi Kitab Umm al-Barāhin: Analisis Keterkaitannya dengan Materi Buku Akidah Akhlak Jenjang Aliyah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Eksplorasi Kitab Umm al-Barāhin: Analisis Keterkaitannya dengan Materi Buku Akidah Akhlak Jenjang Aliyah] Text (Eksplorasi Kitab Umm al-Barāhin: Analisis Keterkaitannya dengan Materi Buku Akidah Akhlak Jenjang Aliyah)
TESIS SARAH ULFAH, REVISI SIDANG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dalam menghadapi perubahan zaman yang penuh degradasi moral, dirasa sangat perlu pendalaman pembelajaran akidah dan akhlak. Pendalaman tersebut bisa didapat melalui buku agama, media sosial, media elektronik, majalah ke-Islaman maupun dari kitab klasik. Dalam konteks PAI di Aliyah, sangat penting untuk memperkenalkan kitab klasik tersebut kepada para siswa agar mereka dapat memperkaya pengetahuan agama Islam mereka dari sumber-sumber asli yang relevan. Namun, seringkali pendalaman kitab-kitab klasik ini tidak terjadi secara memadai, sehingga diperlukan eksplorasi lebih lanjut untuk menggali kandungan dan keterkaitannya dengan materi buku akidah akhlak yang diajarkan. Dalam hal ini penulis memilih kitab Umm al-Barāhin sebagai salah satu kitab yang patut untuk dieksplorasi sebagai pendalam terhadap konsep-konsep akidah dan akhlak karena kitab ini sangat diakui dan memiliki nilai keilmuan yang tinggi dan telah menjadi rujukan penting bagi para cendekiawan Muslim dalam memahami prinsip-prinsip agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep akidah dan akhlak yang ditawarkan Imam Sanusi dalam kitab Umm al-Barāhin, menganalisis keterkaitannya dengan buku akidah akhlak jenjang Aliyah, serta melihat kontribusi kitab Umm al-Barāhin dalam menanamkan pemahaman holistik siswa terhadap akidah dan akhlak. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research) yang memiliki ciri deskriptif-eksploratif yakni menganalisis materi akidah yang terkandung dalam kitab Umm al-Barāhin dan buku akidah akhlak yang di gunakan pada jenjang aliyah, yaitu buku Akidah Akhlak terbitan Kementerian Agama, cetakan 2020. Selanjutnya data akan dianalisis dengan menggunakan metode interteks dan analisis isi (content analysis). Setelah penulis mengeksplorasi secara keseluruhan kitab Umm al-Barāhin maka ditemukan bahwa materi akidah yang ditawarkan oleh Imam Sanusi adalah konsep-konsep akidah yang berkaitan dengan ketuhanan dan kenabian. Secara lebih rinci muatan materi akidah yang terdapat dalam kitab Umm al-Barāhin memuat tiga bagian. Yaitu penjelasan hukum akal sebagai landasan epistemologis, ilahiyyat dan nubuwwat. Selanjutnya penulis menemukan beberapa aspek yang penulis gunakan sebagai kacamata untuk melihat kerkaitan antara kedua teks tersebut. Beberapa aspek tersebut adalah tema dan topik, muatan materi, gaya dan bahasa penulisan serta penutup pembahasan. Eksplorasi Kitab Umm al-Barāhin dapat memberikan kontribusi yang signifikan dan terintegrasi dalam menanamkan pemahaman holistik siswa terhadap akidah dan akhlak Kontribusi tersebut adalah pemahaman yang holistik tentang Islam, pemahaman yang lebih mendalam dan terintegrasi tentang akidah dan akhlak serta pengembangan pemikiran kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sarah Ulfah Sarah
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:37
Last Modified: 21 Aug 2023 09:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31016

Actions (login required)

View Item
View Item