Skripsi Eksistensi Majelis Pemuda Tazkirah Dalam Pengembangan Pemahaman Keagamaan Di Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya.

Muyassir, 170305079 (2022) Skripsi Eksistensi Majelis Pemuda Tazkirah Dalam Pengembangan Pemahaman Keagamaan Di Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Eksistensi Majelis Pemuda Tazkirah] Text (Eksistensi Majelis Pemuda Tazkirah)
Muyassir, 170305079, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang Eksistensi Majelis Pemuda Tazkirah Dalam Pengembangan Pemahaman Keagamaan Di Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Seiring dengan perkembangan zaman manusia mulai sibuk dengan berbagai aktivistas mereka masing-masing untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Namun yang paling penting itu adalah dari kalangan pemuda ataupun remaja, mereka di lalaikan dengan hal-hal yang tiada bermanfaat seperti game online, sosial media dan lain sebagainya. Tujuan penulis melalukan penelitian ini adalah untuk melihat penyebab hadirnya Majelis Pemuda Tazkirah serta tujuan Pemuda Tazkirah yaitu menjadikan pemuda ataupun masyarakat untuk selalu menuntut ilmu agama dan berkehidupan yang bernuansa islami.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan kualitatif yaitu metode yang bersifat deksriptif. Sedangkan untuk penentuan informan peneliti akan menentukan cara Purposive sampling
Hasil penelitian menunjukan bahwasanya Majelis Pemuda Tazkirah salah satu majelis yang di dirikan oleh pemuda-pemuda masyarakat Bandar Baru. Majelis ini adalah majelis keagamaan yang bergerak di bidang pengajian rutin malam jum’at, dakwah, santunan anak yatim dan beberapa kegiatan sosial keagamaan lainnya seperti penggalangan dana untuk muslim palestina yang di lakukan oleh perkumpulan ini. Adapun kegiatan pokok yang di dilaksanakan oleh pemuda tazkirah adalah pengajian rutin yang di adakan setiap malam jum’at bersama Abi Asbahani yang bertempat di Dayah Misbahudh Dhulam Al-aziziyah desa Keude Lueng Putu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Muyassir Yasir
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:01
Last Modified: 22 Aug 2023 14:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31018

Actions (login required)

View Item
View Item