Korelasi Pengetahuan Lingkungan Dengan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh

Namira Fitri, 170207038 (2023) Korelasi Pengetahuan Lingkungan Dengan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Korelasi Pengetahuan Lingkungan Dengan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Korelasi Pengetahuan Lingkungan Dengan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh)
SKRIPSI NAMIRA FITRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Lingkungan merupakan suatu hal yang sangat mempengaruhi hidup manusia. Tokoh penting yang sangat mempengaruhi kondisi lingkungan adalah manusia. Pengetahuan lingkungan yang tinggi akan memudahkan seseorang untuk menerapkan sikap peduli terhadap lingkungan. Sampah yang berserakan dan kamar mandi yang kotor dan jorok masih ditemukan di lingkungan kampus UIN Ar-Raniry menandakan bahwa masih ada mahasiswa yang cenderung tidak memanfaatkan pengetahuan lingkungannya dalam menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan mahasiswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa dari program studi Pendidikan Biologi, Biologi dan Teknik Lingkungan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang diambil dengan teknik random sampling dengan jumlah 53 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pengetahuan lingkungan dan angket sikap peduli lingkungan. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan lingkungan mahasiswa berkategori tinggi (81,88) dan sikap peduli lingkungan berkategori sedang (72,60). Hasil penelitian juga menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan mahasiswa UIN Ar-Raniry ditandai dengan nilai hubungan 0,607 berada dalam kategori kuat (0,60-0,799).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Namira Fitri Mira
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:20
Last Modified: 23 Aug 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31022

Actions (login required)

View Item
View Item