Pengaruh model pembelajaran think pair share pada materi sistem ekskresi terhadap hasil dan Keaktifan belajar peserta didik smp islam al-mujaddid kota sabang

Herlisa Ainul Adistia, 170207035 (2023) Pengaruh model pembelajaran think pair share pada materi sistem ekskresi terhadap hasil dan Keaktifan belajar peserta didik smp islam al-mujaddid kota sabang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh model pembelajaran think pair share pada materi sistem ekskresi terhadap hasil dan Keaktifan belajar peserta didik smp islam al-mujaddid kota sabang] Text (Pengaruh model pembelajaran think pair share pada materi sistem ekskresi terhadap hasil dan Keaktifan belajar peserta didik smp islam al-mujaddid kota sabang)
Skripsi Herlisa Ainul Adistia 170207035 Revisi Setelah Sidang.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran model di SMP Islam Al-Mujaddid Kota Sabang mempengaruhi kekatifan belajar siswa terhadap materi sistem ekskresi, sehingga hasil belajar siswa tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dan menganalisis hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem ekskresi di SMP Islam Al-Mujaddid Kota Sabang. Rancangan penelitian ini menggunakan Pre-experimental dan desain penelitian menggunakan one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Mujaddid kota Sabang yang terdiri dari dua kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-b yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengambilan sampel secara Purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi siswa untuk melihat keaktifan belajar dan soal tes untuk melihat hasil belajar. Teknik Analisis Data yang digunakan pada hasil belajar menggunakan Uji Normalitas Gain (N-Gain), dan Keaktifan belajar menggunakan rumus P=F/N×100 untuk melihat presentase keaktifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekatifan belajar siswa dengan penerapan model Think Pair Share pada materi sistem ekskresi kelas VIII di SMP Islam Al-Mujaddid Kota Sabang pada pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 64% dengan kriteria aktif dan pada pertemuan kedua nilai rata-rata 83% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil uji-t menunjukkan thitung ˃ ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem ekskresi dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa SMP Islam Al-Mujaddid Kota Sabang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Herlisa Ainul Adistia Lisa
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:25
Last Modified: 23 Aug 2023 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31023

Actions (login required)

View Item
View Item