Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Terhadap Aktivitas Dan Perilaku Pengguna Dengan Pendekatan Teori Physical Traces (Studi Kasus: Lapangan Blang Padang)

Ziaul Qausharina, 1707011112 (2022) Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Terhadap Aktivitas Dan Perilaku Pengguna Dengan Pendekatan Teori Physical Traces (Studi Kasus: Lapangan Blang Padang). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ruang Terbuka Publik] Text (Ruang Terbuka Publik)
Ziaul Qausharina, 170701119, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Sebagai salah satu upaya penyediaan ruang terbuka publik di Kota Banda Aceh, Aceh ialah Lapangan Blang Padang. Lapangan Blang Padang merupakan salah satu tempat yang cukup sering dikunjungi oleh banyak kalangan, tidak heran jika Lapangan Blang Padang dapat meninggalkan jejak fisik bagi penggunanya. Beberapa pengguna ruang terbuka publik tersebut sebagian besarnya sudah menggunakan fasilitas yang ada sesuai dengan fungsinya, namun sangat minim bagi pengguna yang tidak menggunakan fasilitas pada ruang terbuka publik tersebut tidak sesuai dengan fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jejak yang ditinggalkan oleh pengguna, mengetahui aktivitas dan perilaku pengguna Lapangan Blang Padang, serta mengetahui aktivitas dan perilaku pengguna ruang terbuka public terhadap desain bangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur,pemetaan perilaku, serta observasi dimana peneliti mengamat langsung ke lapangan dan diuraikan secara deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Dalam melakukan penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan jejak fisik yang ada pada Lapangan Blang Padang yang dapat menjadi acuan perbaikan rancangan dengan memperhatikan lingkungan fisik di sekitar untuk menemukan aktifitas dan juga perilaku penggunanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Ziaul Qausharina Zia
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:04
Last Modified: 22 Aug 2023 14:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31027

Actions (login required)

View Item
View Item