Evaluasi Kelayakan Penerapan Modul Instalasi Penerangan Listrik Di Kelas XI 2020 Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smk N 1 Darul Kamal Aceh Besar

Fitra Jaya Maulana Azwar, 170211116 (2023) Evaluasi Kelayakan Penerapan Modul Instalasi Penerangan Listrik Di Kelas XI 2020 Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smk N 1 Darul Kamal Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Evaluasi Kelayakan Penerapan Modul Instalasi Penerangan Listrik Di Kelas XI 2020  Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smk N 1 Darul Kamal Aceh Besar] Text (Evaluasi Kelayakan Penerapan Modul Instalasi Penerangan Listrik Di Kelas XI 2020 Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smk N 1 Darul Kamal Aceh Besar)
SKRIPSI AZWAR EDIT SIGMA (revisi).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar tentang pengevaluasian modul pembelajaran yang telah diterapkan pada materi Instalasi penerangan listrik, hal ini dilakukan karena kurangnya motivasi dan minat belajar peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran pada proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui respon peserta didik, dan kelayakan media modul pembelajaran yang telah diterapkan di kelas XI Teknik Instalasi listrik pada materi instalasi penerangan listrik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berjumlah 6 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan, angket respon peserta didik dan angket kelayakan modul, dengan keriteria layak dan tidaknya modul pembelajaran, pada pembelajaran teknik instalasi tenaga listrik, pemilihan metode ini didasarkan atas karakteristik kelayakan suatu modul bahan ajar berdasarkan badan standar nasional pendidikan (BNSP 2014). Hasil penelitian diperoleh dari hasil angket respon kelayakan adalah 85,64%, hasil penelitian dari angket respon peserta didik adalah 89,65%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluasi kelayakan penerapan modul pembelajaran pada materi instalasi penerangan listrik sangat layak digunakan di SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Hal ini terlihat dari terpenuhi nya beberapa aspek, terutama adanya media bahan ajar berdasarkan aturan badan standar nasional pendidikan (BNSP,2014) yang mencakup aspek kualitas materi, aspek karakteristik, aspek tampilan modul, aspek manfaat modul dan aspek kualitas materi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Fitra Jaya Maulana Azwar Fitra
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:02
Last Modified: 22 Aug 2023 14:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31030

Actions (login required)

View Item
View Item