Etika Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik (Studi Komparatif antara Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari)

Abdul Rajab, 201003096 (2023) Etika Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik (Studi Komparatif antara Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Etika Guru Dalam Meningkatkan Mutu  Pendidik (Studi Komparatif antara    Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari)] Text (Etika Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik (Studi Komparatif antara Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari))
FUL TESIS Abdul Rajab.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berbicara mengenai etika dalam pendidikan, tidak akan terlepas dari Guru dan siswa Seperti halnya Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa etika Guru mempengaruhi terhadap mutu pendidikan. Berkaitan tentang etika guru, penjelasannya telah dimuat dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan Ādāb al-‘ālim wa al-muta‘allim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etika guru menurut Az-Zarnuji dan Hasyim Asy‟ari dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan Ādāb al-‘ālim wa al-muta‘allim, serta implementasinya dalam meningkatkan mutu pendidik.
Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kepustakaan atau sering disebut library reseach yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan sumber data dari kitab Ta’lim Muta’allim dan Kitabnya Adabul ‘Alim Wal Muta’allim.
Hasil penelitian menunjukkan Guru yang beretika dan bermutu menurut al-Zarnuji adalah sosok yang memiliki kepandaian (alim), menjaga kebersihan hati (wira’i), lebih berpengalaman dalam hal pendidikan, memiliki jiwa keshalehan tinggi, baik sosial maupun spiritual dan penyabar, sedangkan menurut Hasyim Asyari guru yang beretika dan bermutu yang lebih menekankan pada kepribadiaan guru yang berkarakter religius dan menekankan pada jalan kesufian meliputi sikap zuhud, wara’, sakinah, dan khusyuk kepada Allah. dan Impelmentasi Mutu pendidik menurut Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari tidak secara instant dapat membentuk Mutu Pendidik yang diinginkan, karena Mutu Pendidik itu tidak dapat dikembangkan secara cepat dan segera, perlu adanya tahapan-tahapan dan proses yang panjang, cermat dan sistematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Rajab Rajab
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:01
Last Modified: 22 Aug 2023 14:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31035

Actions (login required)

View Item
View Item