Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Genetika di Prodi Biologi

Lina Rahmawati, 2027057503 Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Genetika di Prodi Biologi. In: Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Genetika di Prodi Biologi. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Genetika di Prodi Biologi] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Genetika di Prodi Biologi)
LP_PDI_2019-LINA RAHMAWATI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Salah satu teknologi yang sangat berkembang dalam kehidupan manusia saat ini ialah gadget. Gadget yang saat ini sedang berkembang pesat adalah smartphone yang di dalamnya mempunyai sistem operasi seperti android. Mata kuliah genetika banyak membutuhkan pemahaman yang kuat sehingga dibutuhkan media yang tidak hanya memiliki desain tampilan yang menarik, akan tetapi juga memiliki independensi waktu dan tempat yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengulang kembali materi yang belum dikuasai pada saat proses kegiatan belajar mengajar di kampus ataupun di berbagai tempat dan waktu kapanpun dan dimanapun melalui smarphone mobile learning. Mobile learning adalah pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media berbasis IT genggam dan bergerak (mobile) dan menggunakan Perangkat antara lain PDA, handphone, dan tablet PC. Karakteristik perangkat mobile ini memiliki tingkat fleksibilitas dan portabilitas yang tinggi sehingga memungkinkan mahasiswa dapat mengakses materi, arahan dan infomasi yang berkaitan dengan pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media pembelajaran mata kuliah genetika di Prodi Biologi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran mata kuliah Genetika di Prodi Biologi. Penelitian ini menggunakan suatu metode penelitian pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian yang dilakukan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Tahapan rancangan penelitian ini dilakukan melalui tahap analysis (analisis kurikulum dan materi, analisis media dan karakteristik sasaran pengguna), design (perancangan butir-butir materi yang akan disajikan, penyusunan naskah materi, dan penyusunan alur penyampaian materi dalam bentuk flowchart, 6 (pembuatan media dengan menggunakan software appypie dan construct, penilaian oleh ahli validasi, revisi ), implementation (uji coba terbatas), evaluation (revisi media dari hasil saran dan komentar setelah uji coba terbatas). Penelitian ini dilakukan di prodi Biologi UIN Ar-raniry Banda Aceh pada tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu ahli materi dan ahli media pembelajaran, sedangkan sebagai responden pada uji validasi adalah mahasiswa biologi UIN Ar-raniry Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah dosen ahli materi , dosen ahli media. Sampel pada uji praktikalitas yaitu dosen pengajar mata kuliah Genetika dan mahasiswa biologi. Penelitian ini menggunakan empat angket untuk mengumpulkan data tentang pengembangan media yaitu lembar angket ahli media, lembar angket ahli materi, lembar angket praktikalitas pengguna untuk mahasiswa dan dosen biologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media kualitasnya baik (83%), ahli materi menilai baik (81,5%), dosen biologi menilai baik (82,2%) dan mahasiswa menilai kualitas media layak (83,8%).

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:03
Last Modified: 07 Nov 2023 09:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31036

Actions (login required)

View Item
View Item