Hareuta Peunulang sebagai Bentuk Perlindungan Perempuan dalam Masyarakat Aceh menurut Hukum Islam

Mohd Kalam Daud, 2031125714 Hareuta Peunulang sebagai Bentuk Perlindungan Perempuan dalam Masyarakat Aceh menurut Hukum Islam. In: Hareuta Peunulang sebagai Bentuk Perlindungan Perempuan dalam Masyarakat Aceh menurut Hukum Islam. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hareuta Peunulang sebagai Bentuk Perlindungan Perempuan dalam Masyarakat Aceh menurut Hukum Islam] Text (Hareuta Peunulang sebagai Bentuk Perlindungan Perempuan dalam Masyarakat Aceh menurut Hukum Islam)
LP_PDI_2019-MOHD. KALAM DAUD.pdf - Published Version

Download (837kB)

Abstract

Kajian ini membahas tentang perlindungan perempuan melalui pemberian hareuta peunulang yang ditinjau dari aspek adat dan hukum Islam. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan berdasar pada teori maslahat dalam hukum Islam dan teori adat. Penelitian ini memilih lokasi penelitian yaitu Banda Aceh, Aceh Besar dan Pidie dengan alasan bahwa ketiga wilayah ini yang mempraktikkan pemberian hareuta peunulang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola pemberian hareuta peunulang biasanya orang tua diserahkan kepada anaknya sesudah pernikahan. Hareuta peunulang biasanya berupa tanah, rumah, kebun, alat-alat rumah tangga, binatang ternak atau bentuk harta lainnya yang dapat dijadikan sebagai modal dalam menempuh kehidupan baru setelah berumah tangga dan berpisah dari orang tuanya. Pemberian harta ini terbukti melindungi perempuan dalam aspek ekonomi, sosial bahkan psikologis, misalnya ketika anak perempuan diberikan rumah atau tanah maka secara ekonomi dan sosial ia akan terlindungi. Kemudian dari perspektif adat bahwa hal ini merupakan bagian dari tradisi yang bertujuan untuk melestarikan adat, sedangkan dari perspektif hukum Islam, pemberian ini mengandung nilai maslahat yakni menimbulkan keharmonisan, mencegah perceraian, mengeratkan persaudaraan antara keluarga inti.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
200 Religion (Agama) > 209 Sekte dan Gerakan Pembaharuan
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:03
Last Modified: 07 Nov 2023 09:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31039

Actions (login required)

View Item
View Item