Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh (Studi Penelitian Pada Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh)

Dahrina. M, 201002008 (2023) Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh (Studi Penelitian Pada Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh (Studi Penelitian Pada Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh)] Text (Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh (Studi Penelitian Pada Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh))
FULL DISERTASI DAHRINA WATERMAC.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kepala Madrasah bukan hanya sebagai pejabat formal sebuah madrasah, tetapi juga leader yang followership, manajer yang partisipatif, administrator yang inspiratif, supervisor yang efektif, inovator yang kreatif, motivator yang energik, entrepreneur yang climate maker, dan sebagai guru besar warga Madrasah, berbasis panutan yang bersifat pengetahuan dan perbuatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Strategi Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kinerja Guru terhadap Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh dengan fokus masalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam pengembangan kinerja guru di madrasah ibtidaiyah Kota Banda Aceh? apa upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru madrasah ibtidaiyah Kota Banda Aceh? bagaimana kinerja kepala madrasah dan guru dalam peningkatan pembelajaran di madrasah ibtidaiyah Kota Banda Aceh?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta desain fenomenologi untuk menemukan jawaban permasalahan di lapangan. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Informan penelitian meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kinerja Guru terhadap Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Kota Banda Aceh terbagi ke dalam beberapa strategi yaitu strategi hierarki, transformasional, dan fasilitatif. Upaya peningkatan yang dilakukan Kepala Madrasah dan guru berupa mengikutsertakan guru dalam kegiatan diklat, simposium, seminar, dan Kepala Madrasah melaksanakan supervisi periodik akademik pada guru, serta memberdayakan guru. Dengan supervisi periodik yang empati, monitoring, dan mentoring yang simpati, serta kunjungan kelas berkala telah mampu mendorong kinerja guru yang produktif dan memuaskan dengan menerapkan teori kinerja dan pembelajaran untuk menghasilkan alternatif akademik layanan pendidikan yang bermutu kemudian melahirkan lulusan yang berdaya saing kompetitif dan berdaya sanding komparatif dan kesadaran kolektif yang terpatri dalam perilaku sehari-hari untuk menciptakan madrasah yang bermutu baik lokal dan nasional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahrina M Dahrina
Date Deposited: 22 Aug 2023 13:59
Last Modified: 22 Aug 2023 13:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31052

Actions (login required)

View Item
View Item