Dampak Keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Perekonomian Masyarakat di Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat.

Munawar, 160604019 (2023) Dampak Keberadaan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Perekonomian Masyarakat di Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak, Perkebunan Kelapa Sawit, Perekonomian Masyarakat] Text (Dampak, Perkebunan Kelapa Sawit, Perekonomian Masyarakat)
Munawar, 160604019, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keberadaan perkebunan kelapa sawit terhadap perekonomian masyarakat di Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa aspek kependudukan masyarakat Kecamatan Bubon telah terbentuk berdasarkan status ekonomi antara pemilik lahan dan tenaga buru pekerja kelapa sawit, aspek kesehatan masyarakat kalangan petani sudah aktif mendapatkan perawatan kesehatan baik yang diperoleh melalui bantuan perusahaan-perusahaan yang mendatangkan dokter kepada karyawannya maupun kesehatan yang didapatkan dari intansi kesehatan yang ada. Aspek Pendidikan sudah banyak anggota keluarga petani dan pemilik lahan berpendidikan tinggi bahkan dapat menyelesaikan perkuliahan ditingkat S2. Aspek pendapatan juga sudah membuat terbukanya lapangan pekerjaan yang mendukung pendapatan masyarakat sekitar. Aspek konsumsi dan pengeluaran rumah tangga dintai terpenuhi baik kebutuhan primer, sekunder bahkan tersier dengan mengkonsumsi kebutuhan sekunder yang sehat sebagian bagian pengeluaran rumah tangga seperti kebutuhan sembako dan lain sebagainya. Aspek ketenaga kerjaan menjadikan masyarakat sekitar sebagai bagian petani perusahaan-perusahaan dan menjadi buruh bagi pemilik perkebunan kelapa sawit. Aspek perumahan dan lingkungan hidup masyarakat disekitar pekebunan juga sudah memiliki rumah yang rata-rata berstatus milik pribadi serta dilengkapi fasilitas rumah yang sudah baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:04
Last Modified: 22 Aug 2023 14:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31059

Actions (login required)

View Item
View Item