Keputusan Pembelian Barang Branded Ditinjau Berdasarkan Kelas Sosial Pada Siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh

Rifka Syafira, 170901032 (2022) Keputusan Pembelian Barang Branded Ditinjau Berdasarkan Kelas Sosial Pada Siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Barang Branded] Text (Barang Branded)
Rifka Syafira, 170901032, FPSI, PSI.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Keputusan pembelian merupakan semua pengalaman dalam mempelajari, memilih, menggunakan, dan bahkan membuang suatu produk. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah kelas sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui perbedaan keputusan pembelian barang branded ditinjau berdasarkan kelas sosial pada siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparasi dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala keputusan pembelian yang mengacu pada komponen yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller (2016). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 897 siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh dan sampel sebanyak 200 orang dengan tehnik pengumpulan sampel yaitu accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah One Way Anova untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini diperoleh nilai F = 10,160 dengan nilai  = 0.000 ( < 0,05) sehingga artinya hipotesis diterima yang berarti terdapat perbedaan keputusan pembelian ditinjau berdasarkan kelas sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Rifka Syafira Rifka
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:16
Last Modified: 22 Aug 2023 14:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31060

Actions (login required)

View Item
View Item