Implementasi Metode Qiraah Jahriyyah Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Dayah Ummul Ayman Samalanga

Muhajir, 191003030 (2023) Implementasi Metode Qiraah Jahriyyah Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Dayah Ummul Ayman Samalanga. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Metode Qiraah Jahriyyah Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Dayah Ummul Ayman Samalanga] Text (Implementasi Metode Qiraah Jahriyyah Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Dayah Ummul Ayman Samalanga)
TESIS LENGKAP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Metode al-Qiraah diajarkan di dayah-dayah yang bertujuan untuk melatih keterampilan membaca kitab kuning yang berbahasa Arab, yang diharapkan pembelajaran kitab kuning dapat mencapai target dan dapat direalisasikan dalam waktu yang tersedia. Tujuan dari metode ini adalah agar santri mahir membaca teks-teks yang terdapat dalam kitab kuning secara baik. Pada penelitian ini peneliti mengkaji tentang penerapan metode al-Qiraah al-Jahriyyah, karena metode al-Qiraah al-Jahriyyah dapat dijadikan sebagai alat untuk mempermudah dalam menguasai kitab kuning bagi santri di Dayah Ummul Ayman Samalanga. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, karena peneliti ingin menganalisis, menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi tentang implementasi metode Al-Qiraah Al-Jahriyyah, dan dikumpulkan melalui hasil wawancara atau pengamatan langsung terhadap permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian yaitu: 1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning di Dayah Ummul Ayman Samalanga adalah metode Al-Qiraah Al-Jahriyyah, ceramah, mudzakarah, Tanya jawab, hafalan dan musbaqah qira’ah al-kutub; 2) Implementasi metode Al-Qiraah Al-Jahriyyah dalam pembelajaran kitab kuning cukup efektif karena saat proses belajar-mengajar terdapat fase pengenalan kaidah-kaidah yang ada dalam kitab kuning kepada santri dan membantu santri dalam membaca dan memahami isi kitab kuning; 3) Faktor pendukung implementasi metode Al-Qiraah AlJahriyyah dalam pembelajaran kitab kuning di Dayah Ummul Ayman Samalanga adalah kemampuan serta kualitas para guru dalam mengajar didukung juga oleh keaktifan santri dalam belajar, penyediaan alat peraga/media pembelajaran; 4) Faktor penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran kitab kuning di Dayah Ummul Ayman Samalanga adalah ketersediaan waktu pembelajaran yang terbatas serta karakter santri yang beragam. Namun kendala ini bukanlah kendala yang dianggap fatal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhajir Muhajir
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:30
Last Modified: 22 Aug 2023 14:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31078

Actions (login required)

View Item
View Item