Peran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Melestarikan Lingkungan Bersih dan Sehat pada Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Putri Dewi Mayasari, 190802046 (2023) Peran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Melestarikan Lingkungan Bersih dan Sehat pada Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran, PKK, Kebersihan Lingkungan] Text (Peran, PKK, Kebersihan Lingkungan)
Putri Dewi Mayasari, 190802046, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

PKK adalah salah satu wadah organisasi perempuan di masyarakat desa/gampong dan kelurahan. Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah sebuah organisasi kemasyarakatan desa yang mampu menggerakkan partisipasi masyarakat gampong dalam pembangunan gampong, juga berperan dalam menciptakan lingkungan hidup bersih dan sehat di gampong. Masalah yang terjadi di gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur bahwa terdapat banyak pencemaran lingkungan seperti tumpukan sampah yang berserakan di tepi jalan dan lingkungan rumah yang tidak tertata dan kotor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran PKK dalam melestarikan lingkungan bersih dan sehat, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat PKK dalam melestarikan lingkungan bersih dan sehat pada gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang pengumpulan datanya dengan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran PKK dalam melestarikan lingkungan bersih dan sehat pada gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan diantaranya dalam melestarikan lingkungan bersih dan sehat berupa; mengadakan sosialisasi dan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, mengadakan gotong royong, menyediakan tempat sampah dan mendaur ulang sampah. Faktor penghambat PKK dalam Melestarikan lingkungan bersih dan sehat pada gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan adalah diantaranya; kurangnya anggaran dana dari pemerintah dan tidak ada kebijakan internal pemerintah gampong dalam mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Putri Dewi Mayasari Putri
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:04
Last Modified: 22 Aug 2023 14:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31080

Actions (login required)

View Item
View Item