Analisis Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Di TK Save The Kids Banda Aceh

Intan Zuhra, 180210125 (2023) Analisis Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Di TK Save The Kids Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Prososial  Anak Di TK Save The Kids Banda Aceh] Text (Analisis Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Di TK Save The Kids Banda Aceh)
Intan Zuhra, 180210125, FTK, PIAUD, 082261833977 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Perilaku prososial adalah aktivitas sadar yang ditujukan untuk membantu dan mendukung orang lain atau sekelompok orang. Perilaku prososial pada anak perlu perhatian dari guru selaku pendidik. Guru memiliki urgensi yang dibutuhkan anak dalam mengembangkan dan mengoptimalkan kepribadian anak maupun kecerdasannya. Adapun permasalahan yang ditemukan di TK save the kids dimana dari dua kelas B1 Al-Maidah dan B2 Ali Imrandengan jumlah 50 orang siswa, hampir 25 persen dari mereka mendapat permasalahan sosialemosional. Permasalahan tersebut didapat dari anak-anak yang mengeluh ketika ada sesuatu hal yang terjadi namun tidak sesuai dengan keinginannya sehingga sering sekali kondisi emosionalnya tidak terkontrol, perilaku anak yang kurang akrab dengan sesama, dan kurangnya rasa simpati dan empati sesama orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perilaku prososialdi TK Save The Kids Banda Aceh.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk merincikan apa yang secara objektif konsisten dengan data yang terkumpul. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perilaku prososial pada anak adalah dengan mengadakan kegiatan keagamaan, sosial, moral, emosional, seni, bahasa, dan kreativitas, menerapkan mikro (carier day dan market day), dan mengadakan kegiatan Jum’at rutin, yaitu dengan menceritakan kisah Rasulullah Saw.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Intan Zuhra Intan
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:02
Last Modified: 22 Aug 2023 14:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31082

Actions (login required)

View Item
View Item