Pelayanan Lanjut Usia Di Uptd Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang

Rosmiati, 190802133 (2023) Pelayanan Lanjut Usia Di Uptd Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang. Diploma thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Rosmiati.pdf] Text
Rosmiati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Lanjut Usia yaitu seseorang yang telah mencapai 60 tahun ke atas. Pelayanan terhadap lanjut usia di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang (UPTD RSGS) terdapat beberapa program pelayanan dan penyantunan yaitu terdiri dari sarana dan prasarana, pemenuhan kebutuhan dasar lanjut usia, pelayanan sosial lanjut usia, pelayanan kesehatan lanjut usia dan pelayanan mental spiritual. Program ini dapat mewujudkan pelayanan kesejahteraan sosial bagi lanjut usia. UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang dimana permasalahan yang muncul yaitu pelayanan bagi lanjut usia. Sasaran pelayanan adalah lanjut usia yang terlantar, namun di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang ada beberapa lansia yang dengan sukarela datang untuk tinggal di panti karena faktor ekonomi dan ingin lebih fokus untuk ibadah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data penelitian analisis dengan pendekatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelayanan lanjut usia di panti sosial dan apa saja faktor pendukung dan penghambat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab lansia tinggal di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan yang ada di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang ini sudah optimal namun terdapat dari satu pelayanan kesehatan yang tidak memfasilitasi dokter untuk tinggal tetap di panti tersebut. Adapun faktor penghambat di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang tidak menerima lanjut usia yang mengalami penyakit karena tidak ingin terjadi kepada lanjut usia lainnya dan faktor pendukung di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang ini terdapat sarana dan prasarana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Lanjut Usia.
Kata Kunci: Pelayanan, Lansia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial
Depositing User: Rosmiati Ros
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:05
Last Modified: 22 Aug 2023 14:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31083

Actions (login required)

View Item
View Item