Evaluasi Pembelajaran Sistem Blok Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 1 Darul Kamal

Ridha Noprian Ardama, 180211060 (2023) Evaluasi Pembelajaran Sistem Blok Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 1 Darul Kamal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Evaluasi Pembelajaran Sistem Blok Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 1 Darul Kamal] Text (Evaluasi Pembelajaran Sistem Blok Pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 1 Darul Kamal)
Ridha Noprian Ardama, 180211060, FTK, PTE, 082280826073.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Salah satu sistem pembelajaran yang digunakan pada Sekolah Menengah Kejuruan yaitu sistem blok. Saat ini banyak SMK yang telah menerapkan sistem blok sebagai solusi untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang muncul dari proses pembelajaran. Khususnya permasalahan pada pembelajaran praktik tanpa mengurangi hasil belajar siswa sehingga perlu adanya suatu evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran sistem blok di sekolah. Hasil evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan tindak lanjut atau untuk melakukan pengambilan keputusan berikutnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi sistem blok pada kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Darul Kamal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Model evaluasi yang dipilih adalah CIPP (context, Input, process, and product). Adapun sampel yang dipilih adalah siswa kelas X, XI, dan XII jurusan TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan angket yang berdasarkan pada model evaluasi pembelajaran CIPP (context,input, proses, dan produk). Hasil penelitian menyatakan bahwa pada 4 aspek yang dilihat dan mendapat nilai yang berbeda, namun setelah ke 4 dari nilai aspek ini digabungkan didapatlah nilai rata-rata yaitu 83.6%. Jika di interpretasikan, itu berarti menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan terhadap pembelajaran sistem blok di kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 1 Darul Kamal sangat baik. Dan hasil belajar siswa siswa pada kompetensi keahlian Teknik instalasi tenaga listrik, diperoleh nilai dari hasil belajar siswa pada semester ganjil 2022-2023. Dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas X, XI, dan XII yaitu 79.1% mengikuti interval dikategorikan baik. Hal ini berarti bahwa hasil belajar siswa terhadap pembelajaran sistem blok di kompetensi keahlian Teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Darul Kamal tergolong baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ridha Noprian Ardama
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:30
Last Modified: 22 Aug 2023 14:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31086

Actions (login required)

View Item
View Item