Analisis Peran Dewan Pengawas Syariah Sebagai Lembaga Muhtasib Dalam Perbankan Syariah Di Aceh (Studi Pada Bank Aceh Syariah)

Dhien Rosmayati, 170603131 (2023) Analisis Peran Dewan Pengawas Syariah Sebagai Lembaga Muhtasib Dalam Perbankan Syariah Di Aceh (Studi Pada Bank Aceh Syariah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Peran Dewan Pengawas Syariah Sebagai Lembaga Muhtasib Dalam Perbankan Syariah Di Aceh (Studi Pada Bank Aceh Syariah)] Text (Analisis Peran Dewan Pengawas Syariah Sebagai Lembaga Muhtasib Dalam Perbankan Syariah Di Aceh (Studi Pada Bank Aceh Syariah))
Dhien Rosmayati, 170603131, FEBI, PS, 082161448680.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pengawasan atas pelaksanaan prinsip-prinsip syariah pada perbankan syariah menjadi sesuatu yang sangat urgent dan utama untuk dilaksanakan. Dalam hal ini DPS adalah pihak yang bertanggung jawab atas berjalannya kegiatan operasional perbankan sesuai syariah. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran DPS sebagai lmbaga muhtasib pada Bank Aceh Syariah dikarenakan adanya penyimpangan dalam praktik akad murabaḥah, yang mengakibatkan rusaknya citra dan kredibilitas bank syariah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualititatif dengan data primer dalam bentuk wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran DPS sebagai lembaga muhtasib adalah mengawasi secara periodik pada implementasi kepatuhan syariah dan manajemen, operasional bank, memeriksa serta membuat rekomendasi produk baru yang diperlukan. Kendalanya adalah tidak ada hukum khusus terhadap struktur kerja DPS. Upaya-upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas pengawasan syariah dan meluruskan kesalahan yang terjadi
dalam operasional bank.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dewan Pengawas Syariah, Lembaga Muhtasib, Bank Aceh Syariah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Dhien Rosmayati
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:03
Last Modified: 22 Aug 2023 14:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31089

Actions (login required)

View Item
View Item