Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pembelajaran SKI di MAN 3 Aceh Selatan

Nurzayanti, 211323759 (2018) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pembelajaran SKI di MAN 3 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam]
Preview
Text (Membahas Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam)
Nurzayanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan praktis mengajar yang diperlukan guru untuk memberikan bimbingan dan pelajaran kepada siswa agar lebih terarah. Adapun ruang lingkup kompetensi pedagogik adalah pemahaman terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Peningkatan kompetensi pedagogik guru akan menghindarkan pembelajaran yang bersifat menonton, tidak disukai siswa, bahkan membuat siswa kehilangan minat, daya serap serta konsentrasi belajarnya sehingga pada akhirnya pembelajaran menjadi tidak bermakna. Pada penelitian ini, peneliti melakukanpenelitian tentang kompetensi guru PAI dalam merancang rencana pelaksanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada pembelajaran SKI di MAN 3 Aceh Selatan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru PAI dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran pada pembelajaran SKI di MAN 3 Aceh Selatan, untuk mengetahui kompetensi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran SKI di MAN 3 Aceh Selatan, serta untuk mengetahui kompetensi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran SKI di MAN 3 Aceh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru SKI dalam klasifikasi baik, dapat dilihat dariguru SKI dalam merancang rencana pelaksanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, hanya sebagian kecil belum tercapai yaitumemanfaatkan alat/media pembelajaran dan menciptakan kreatifitas untuk menunjang proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru Sejarah Kebudayaan Islam sudah mampu merancang rencana pelaksanaan, melaksanakan pembelajaran dan mampu mengevaluasikan pembelajaran SKI dengan benar sesuai dengan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Sri Suyanta, M.Ag 2.Imran, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran SKI
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurzayanti Syamsuddin
Date Deposited: 26 Mar 2018 03:45
Last Modified: 25 Apr 2018 14:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3109

Actions (login required)

View Item
View Item