Penerapan Trainer Pengukur Daya Listrik Berbasis Iot (Internet Of Things) Pada Mata Kuliah Metode Pengukuran

Daudi Alwi, 180211062 (2023) Penerapan Trainer Pengukur Daya Listrik Berbasis Iot (Internet Of Things) Pada Mata Kuliah Metode Pengukuran. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Trainer Pengukur Daya Listrik Berbasis Iot (Internet Of Things) Pada Mata Kuliah Metode Pengukuran] Text (Penerapan Trainer Pengukur Daya Listrik Berbasis Iot (Internet Of Things) Pada Mata Kuliah Metode Pengukuran)
Daudi Alwi, 180211062, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB)

Abstract

Penerapan Trainer pada mata kuliah metode pengukuran perlu dilakukan karena dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan oleh dosen. Trainer dan modul praktikum ini dirancang menggunakan bahan utama seperti PZEM-004T dan NodeMCU sebagai sistem mikrokontroler. Trainer ini menjadi sebuah media pembelajaran bagi dosen dalam mengajarkan materi pengukur daya listrik berbasis IoT. Hasil pengukuran daya listrik dapat dipantau melalui aplikasi blynk. Penelitian ini menggunakan metode research & development (R&D) yaitu merancang dan membuat instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk menguji kelayakan sebuah trainer oleh ahli validator. Peneliti menggunakan kuesioner untuk mengetahui tanggapan responden terkait penggunaan trainer dan modul praktikum. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa trainer pengukur daya listrik berbasis IoT (Internet of Things) ini layak diterapkan pada matakuliah metode pengukuran. Berdasarkan persentase yang didapatkan dari ahli materi memperoleh nilai 100% dan hasil validasi ahli media memperoleh nilai 97,14% dengan hasil akhir kedua validator memperoleh nilai 98,57%, dan hasil tanggapan responden memperoleh nilai sebesar 85,25% dengan kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Daudi Alwi
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:30
Last Modified: 22 Aug 2023 14:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31092

Actions (login required)

View Item
View Item