Pengaruh Korean Wave terhadap perilaku Islami Mahasiswi PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Aulia Fahira Manurung, 190201154 (2023) Pengaruh Korean Wave terhadap perilaku Islami Mahasiswi PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Korean Wave terhadap perilaku Islami Mahasiswi      PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Pengaruh Korean Wave terhadap perilaku Islami Mahasiswi PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Skripsi_Aulia Fahira Manurung_190201154 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Indonesia tercatat sebagai Negara yang memiliki populasi terbesar keempat yang secara global merupakan tempat tinggal bagi para pecinta Korean Wave. Korean Wave atau yang sering dikenal dengan Hallyu merupakan budaya masif yang berasal dari Korea Selatan, Korean Wave ini mudah diterima siapa saja dan dari kalangan manapun termasuk mahasiswi PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Korean Wave terhadap perilaku Islami Mahasisiwi PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh terkhusus untuk angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif data yang dikumpulkan dari observasi dan angket. Sampel yang digunakan 20% dari populasi sebanyak 103 orang yang diambil secara Purposive Sampling dengan jumlah 21 orang. Adapun hasil dari penelitian ini Berdasarkan hasil pemilihan Korean Wave yang paling disukai Mahasiswi PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh adalah K-Pop dengan persentase 28% dan K-Skincare 24%, kemudian hasil perhitungan SPSS 25 yang menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji t menghasilkan nilai 46.793 sehingga adanya pengaruh positif yang signifikan dari variabel X terhadap variabel Y dalam bentuk menambah motivasi belajar, cara bepakaian lebih tertutup, lebih pandai merawat diri, menumbuhkan kreativitas dan pengembangan diri dengan belajar bahasa Korea dan berdagang, lebih mencintai diri sendiri, terhindar dari pergaulan bebas nongkrong sana sini, mengagumi ciptaan Allah yang sangat indah. Sedangkan besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y (koefisien determinasi) adalah 0.991 artinya Korean Wave berpengaruh sebesar 99% terhadap perilaku Islami dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Fahira Manurung Aulia
Date Deposited: 22 Aug 2023 13:59
Last Modified: 22 Aug 2023 13:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31093

Actions (login required)

View Item
View Item