Program Bantuan Langsung Tunai (Blt) Terhadap Kelangsungan Hidup Masyarakat Pada Masa Covid-19 (Studi Kasus Di Gampong Indra Damai Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan)

Robi, 160802066 (2023) Program Bantuan Langsung Tunai (Blt) Terhadap Kelangsungan Hidup Masyarakat Pada Masa Covid-19 (Studi Kasus Di Gampong Indra Damai Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Program Bantuan Langsung Tunai] Text (Program Bantuan Langsung Tunai)
Robi, 160802066, FISIP, IAN, 082361825554.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menekan perekonomian dari berbagai sudut, tidak terkecuali terhadap perekonomian desa. Untuk saat ini, dampak Covid-19 lebih dirasakan oleh masyarakat di perkotaan. Namun, mengingat pekerja musiman memiliki mobilitas cukup tinggi, dari desa ke kota lalu kembali ke desa, wabah Covid-19 juga bisa merebak di desa. Kegiatan mudik menjelang ramadhan dan Idul Fitri pada tahun 2020 lalu juga bisa memperluas penyebaran Covid-19 di perdesaan. Dengan sumber daya ekonomi dan sosial yang dimilikinya, terutama Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan dana desa, desa dapat berkontribusi dalam penanganan Covid-19. BLT (Bantuan Langsung Tunai) merupakan pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di desa untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi COVID-19. Besaran BLT yang diberikan kepada masyarakat desa ialah Rp 600.000,00/KPM/bulan selama 3 bulan dengan ketentuan bahwa penerima BLT berdomisili di desa bersangkutan dan tidak termasuk penerima PKH, Kartu Sembako, dan Kartu Pra Kerja. Hal ini dilakukan agar terjadi pemerataan bantuan bagi masyarakat sehingga BLT yang diberikan pemerintah menjadi tepat sasaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi program Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Gampong Indra Damai Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian bersifat lapangan (fieldresearch) menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menemukan data yang secara alami sesuai fakta dan kondisi yang ada di lapangan. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, yaitu menggambarkan fenomena yang ada di lapangan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Implentasi program Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap kelangsungan hidup masyarakat pada masa Pandemi Covid-19 di Gampong Indra Damai Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan sudah dilaksanakan dengan baik oleh Pemerintah Gampong Indra Damai. Masyarakat kurang mampu selaku pihak yang menjadi penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut juga merasa sangat terbantu. Adapun faktor pendukung yang menunjang keberhasilan implementasi program BLT terebut adalah pertama adanya komunikasi yang baik antara Pemerintah Supra Gampong dan kedua, Sumber Daya yang memadai dalam pelaksanaan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT). Sedangkan faktor penghambat juga terbai menjadi 2 (dua), yaitu pertama adanya tumpang tindih data penerima BLT dengan bantuan sosial lainnnya, dan kedua, Masih ada masyarakat yang masih belum memiliki NIK yang menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi calon penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.8 Kelompok Etnik dab Bangsa (Pluraslisme/Ilmu Sosial)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Robi Robi
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:16
Last Modified: 22 Aug 2023 14:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31097

Actions (login required)

View Item
View Item