Peran Perempuan Dalam Ketahanan Ekonomi Keluarga Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Perempuan Nelayan di Desa Baroh Lancok Kabupaten Pidie Jaya)

Nurul Fazilah, 190602358 (2023) Peran Perempuan Dalam Ketahanan Ekonomi Keluarga Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Perempuan Nelayan di Desa Baroh Lancok Kabupaten Pidie Jaya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Perempuan Dalam Ketahanan Ekonomi Keluarga  Ditinjau  Dari  Perspektif  Ekonomi Islam  (Studi  Pada   Perempuan  Nelayan  di Desa Baroh Lancok Kabupaten Pidie Jaya)] Text (Peran Perempuan Dalam Ketahanan Ekonomi Keluarga Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Perempuan Nelayan di Desa Baroh Lancok Kabupaten Pidie Jaya))
Nurul Fazilah, 190602358, FEBI, ES, 085358086758.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dalam kehidupan rumah tangga nelayan, peran seorang istri sangat penting karena selain bertanggung jawab mengurus rumah tangga dan keluarga, juga dituntut untuk melakukan pekerjaan adaptif agar ekonomi keluarga tetap bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran perempuan nelayan dalam ketahanan ekonomi keluarga dari perspektif ekonomi Islam di Besa Baroh Lancok Kabupaten Pidie Jaya. Subjek yang digunakan berjumlah 15 istri nelayan, teknik pengumpulan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang melatarbelakangi istri nelayan melibatkan diri dalam kegiatan produktif adalah pendapatan suami tidak menentu, jumlah tanggungan keluarga, suami yang sakit berkepanjangan, biaya cicilan, dan biaya pendidikan. Ditinjau dari perspektif ekonomi Islam, bahwa Islam meletakkan tanggung jawab nafkah pada suami, apabila suami tidak mampu memenuhi pemenuhan nafkah keluarga maka istri dibolehkan bekerja dengan adanya unsur rela dari suami. Pendapatan suami maupun istri yang bekerja menjadi pendapatan keluarga yang mana penggabungan pendapatan tersebut mereka telah mampu memenuhi tingkatan Dharuriyat, Hajiyyah, dan Tahsiniyat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Nelayan, Ekonomi, Keluarga.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Fazilah
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:29
Last Modified: 22 Aug 2023 14:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31105

Actions (login required)

View Item
View Item