Pelaksanaan Program Posyandu Lansia Di Gampong Cot Lamme Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar (Studi Di Gampong Cot Lamme Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar)

Asiah, 180802001 (2023) Pelaksanaan Program Posyandu Lansia Di Gampong Cot Lamme Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar (Studi Di Gampong Cot Lamme Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelaksanaan Program Posyandu Lansia] Text (Pelaksanaan Program Posyandu Lansia)
Nur Asiah, 180802001, FISIP, IAN, 085270617021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan Program posyandu lansia di Gampong Cot Lamme masih belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya partisipasi lansia Gampong Cot Lamme untuk mengikuti program tersebut. Ada 82 lansia Gampong Cot Lamme, namun yang mengikuti program tersebut hanya 45 lansia, hal ini juga disebabkan oleh kurangnya pendampingan dari keluarga untuk menghantar lansia ke tempat pelaksanaan posyandu lansia Gampong Cot Lamme. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program posyandu lansia di Gampong Cot Lamme belum berjalan dengan efektif, hal ini dapat dilihat dari keterbatasan anggaran yang dianggarkan untuk kebutuhan pelaksanaan program posyandu lansia belum memadai, kemudian kurangnya partisipasi dari lansia untuk berhadir pada kegiatan program posyandu lansia membuat program ini tidak berjalan dengan semestinya. Adapun faktor pendukung pelaksanaan posyandu lansia di Gampong Cot Lamme adalah adanya ge dung khusus untuk pelaksanaan kegiatan posyandu lansia, sementara faktor penghambat pelaksanaan program posyandu lansia adalah kurangnya partisipasi lansia untuk mengikuti progam posyandu lansia tersebut, mulai dari tidak ada pedampingan dan ada kesibukan lainnya di sawah, dan faktor penghambat lainnya adalah keterbatasan anggaran dalam pelaksanaan program posyandu lansia di Gampong Cot Lamme, jadi ada kebutuhan-kebutuhan lansia yang ditunda terlebih dahulu. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini bahwa pelaksanaan program posyandu Gampong Cot Lamme sudah dijalankan oleh pihak pelaksana, tetapi pelaksanaan tersebut belum efektif, hal ini dikarenakan partisipasi lansia yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nur Asiah Nur
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:02
Last Modified: 22 Aug 2023 14:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31106

Actions (login required)

View Item
View Item