Pengelolaann Perpustakaan Sekolah Dalam Peningkatan Literasi Bagi Peserta Didik Di Mtss Al-Manar Aceh Besar

Faris Alrasyid, 190206026 (2023) Pengelolaann Perpustakaan Sekolah Dalam Peningkatan Literasi Bagi Peserta Didik Di Mtss Al-Manar Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengelolaann Perpustakaan Sekolah Dalam Peningkatan Literasi Bagi Peserta Didik Di Mtss Al-Manar Aceh Besar] Text (Pengelolaann Perpustakaan Sekolah Dalam Peningkatan Literasi Bagi Peserta Didik Di Mtss Al-Manar Aceh Besar)
Faris Alrasyid, 190206026, FTK, MPI, 082213616201.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan suatu lembaga layanan masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, melalui penyediaan bahan pustaka untuk masyarakatnya dalam berbagai media baik tercetak maupun terekam yang bersikap edukatif. Literasi secara luas diartikan sebagai kemampuan berbahasa yang mencakup kemampuan menyimak, berbicara, membaca, menulis serta kemampuan berpikir yang menjadi elemen didalamnya. Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-manar memiliki peran yang penting dalam menyediakan informasi dalam peningkatan literasi bagi peserta didik di madrasah tersebut, namun demikian minat peserta didik untuk datang ke perpustakaan masih rendah, dikarenakan padatnya kegiatan di madrasah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik, (2) untuk mengetahui pelaksanaan program perpustakaan dan (3) Evaluasi dan tindak lanjut dari program tersebut dalam peningkatan literasi Peserta didik di MTsS Al-Manar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala perpustakaan, staf perpustakaan dan enam orang peserta didik. Hasil penelitian antara lain (1) Perencanaan program perpustakaan dimulai dengan beberapa tahap seperti, mengidentifikasi kebutuhan dan tujuan program perpustakaan, analisis kebutuhan sumber daya, perancangan program secara rinci, selanjutnya pelaksanaan program yang telah direncanakan dan terakhir evaluasi program. (2) Pelaksanaan program di perpustakaan MTsS Al-manar biasanya dimulai dari awal tahun ajaran baru, waktu pelaksanaan program perpustakaan menyesuaikan dengan waktu yang telah direncanakan, pelaksanaan program literasi diadakan pada setiap bulannya, untuk pelaksanaan lomba literasi diadakan disetiap semesternya, dan juga untuk mendukung peningkatan literasi perpustakaan mengadakan kegiatan kunjungan ke tempat-tempat penting dan bersejarah.(3) Evaluasi program perpustakaan dilakukan oleh seluruh pihak perpustakaan dan dilakukan secara berkala di setiap bulannya untuk memantau kemajuan program dari waktu ke waktu, evaluasi program perpustakaan juga dilakukan ketika sebuah program sudah selesai dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Faris Alrasyid
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:34
Last Modified: 22 Aug 2023 14:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31107

Actions (login required)

View Item
View Item