Penggunaan teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Bullying pada Siswa MTsS Darul Ulum YPUI Banda Aceh

Yut Adela, 180213050 (2023) Penggunaan teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Bullying pada Siswa MTsS Darul Ulum YPUI Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Bullying pada Siswa MTsS Darul Ulum YPUI Banda Aceh] Text (Penggunaan teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Bullying pada Siswa MTsS Darul Ulum YPUI Banda Aceh)
upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Bullying adalah salah satu perilaku yang tidak baik, bullying merupakan perilaku yang melanggar norma-norma baik dalam lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat. Namun saat ini yang terjadi di MTsS Darul Ulum YPUI Banda Aceh masih banya sisiwa yang melakukan bullying. Siswa masih suka berkata kasar, memfitnah teman, merusak barang teman, dan bahkan memukul teman dengan dalih bercanda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengurangan perilaku bullying siswa sesudah dan sebelum penerapan teknik role playing. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi berjumlah 66 siswa, dan sampel 8 siswa, dan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket untuk mengukur perilaku bullying siswa, setelah memperoleh data, data dianalisis dengan menggunakan uji-T dengan bantuan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh alternative Ha diteima dan hipotesis Ho ditolak, hasil uji-t terdapat pengurangan perilaku bullying siswa yang signifikan sesudah dan sebelum penggunaan teknik role playing. Kesimpulan penelitian menunjukkan penggunaan teknik role playing dapat mengurangi perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya terkait perilaku bullying siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Yut Adela Yut
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:28
Last Modified: 22 Aug 2023 14:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31108

Actions (login required)

View Item
View Item