Peran Zakat Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Baitul Mal Kota Banda Aceh)

Wirda, 170602130 (2023) Peran Zakat Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Baitul Mal Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Zakat Dalam Mewujudkan Sustainable   Development Goals (SDGs) Untuk   Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat   (Studi Pada Baitul Mal Kota Banda Aceh)] Text (Peran Zakat Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Baitul Mal Kota Banda Aceh))
Wirda, 170602130, FEBI, ES, 082264216248.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran zakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Kota Banda Aceh . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan implementasi zakat serta untuk mengetahui perbedaan pendapatan sebelum dan sesudah penyaluran bantuan modal usaha melalui zakat produktif oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 81 masyarakat penerima zakat dengan teknik Area Cluster Random Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis Uji Normalitas dan uji Wilcolxon Match Pairs Test. Penelitian ini menemukan bahwa sesuai dengan hasil pengujian hipotesis dapat kita pahami bahwa adanya perbedaan pendapatan masyarakat sebelum dan sesudah menerima zakat produktif, hal ini menunjukkan bahwa pemberian zakat dalam mewujudkan SDGs mempunyai peran positif dalam meningkatkan pendapatan masyarakat yang diterapkan pada Baitul Mal Kota Banda Aceh. Namun, secara makro belum dapat mewujudkan program SDGs secara keseluruhan yang diterapkan pada Baitul Mal kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Masyarakat, Sustainable Development Goals (SDGs), Peran Zakat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Wirda Wirda
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:30
Last Modified: 22 Aug 2023 14:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31109

Actions (login required)

View Item
View Item