Perbandingan Metode Deduktif dan Induktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Dalam Memahami Materi 'Adad dan Ma'dud

Cut Siti Rahmah, 180202234 (2023) Perbandingan Metode Deduktif dan Induktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Dalam Memahami Materi 'Adad dan Ma'dud. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perbandingan Metode Deduktif dan Induktif Terhadap Hasil       Pembelajaran Siswa Dalam Memahami Materi 'Adad dan Ma'dud] Text (Perbandingan Metode Deduktif dan Induktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Dalam Memahami Materi 'Adad dan Ma'dud)
Cut Siti Rahmah, 180202234, FTK, PBA, 085372349850.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Judul penelitian ini merupakan “Perbandingan Metode Induktif dan Metode Deduktif Terhadap Hasil Belajar Pada Materi ‘Adad dan Ma’dud (Penelitian Eksperimen di SMP Islam Cendekia El Hakim). Metode Penelitian yang digunakan peneliti pada penulisan ini adalah metode penelitian eksperimen. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan tes dan teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitaif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 3-A dan 3-B yang terdiri dari 20 siswa pada masing-masing kelas. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran adad dan ma’dud dengan metode induktif mendapatkan predikat “Cukup” yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata 33 dan hasil belajar siswa pada pembelajaran adad dan ma’dud dengan metode deduktif mendapatkan predikat “sangat baik” yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata 66,5. Terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar ‘adad dan ma’dud dengan metode induktif dan deduktif yang dibuktikan oleh hasil uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 0,000 yang bernilai lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Cut Siti Rahmah Rahmah
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:27
Last Modified: 22 Aug 2023 14:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31111

Actions (login required)

View Item
View Item