Peran Balai Latihan Kerja (Blk) Dalam Upaya Peningkatan Skill Ketenagakerjaan di Aceh Selatan

Nurul Aida, 190802134 (2023) Peran Balai Latihan Kerja (Blk) Dalam Upaya Peningkatan Skill Ketenagakerjaan di Aceh Selatan. Diploma thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Balai Latihan Kerja] Text (Peran Balai Latihan Kerja)
NURUL AIDA (2).pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Tingginya Angka pengangguran di Aceh Selatan turut menjadi salah satu permasalahan di Aceh Selatan. Banyak sekali tenaga kerja Aceh Selatan yang tidak bekerja karnatidak sesuai bidang dan tidak mempunyai keterampilan khusus, sehingga di kabupaten Aceh Selatan ini masih banyaksekali pengangguran. Pada tahun 2022 angka pengangguran di kabupaten Aceh Selatan mencapai 4,82. Menerima data tersebut, Balai Latihan Kerja kabupaten Aceh Selatan adalah satu lembaga pelatihan dibawah pemerintahan daerah kabupaten Aceh Selatan serta binaan dari UPTP BLK Banda Aceh, melakukan program pelatihan kepada masyarakat pengangguran melalui Peraturan Bupati Aceh Selatan Nomor 47 Tahun 2019 Tentang kedudukan, Susunan Organisasi, tugas, fungsi dan tata kerja unit pelaksana teknis daerah balai latihan kerja pada dinas transmigrasi dan tenaga kerja kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganilisis skill peserta pelatihan kerja dan untuk mengetahui apa kendala yang dihadapi Balai Latihan Kerja dalam upaya peningkatan skill pengangguran di kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data serta reduksi data, dependabilitas dan triangulasi sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan skill pengangguran yang di tingkatkan oleh Balai Latihan Kerja kabupatenAceh Selatan sudah berjalan dengan baik sehingga masyarakat pengangguran sudah bisa dipekerjakan atau membuka usaha pekerjaan sendiri, penelitian ini menyimpulkan bahwa peran Balai Latihan Kerja dalam upaya peningkatan skill di kabupaten Aceh Selatan telah dilaksanakan sesuai indikator walaupun ada terjadi beberapa kendala dalam lapangan.
Kata Kunci : pengangguran, peningkatan Skill dan Balai Latihan Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nurul Aida Nurul
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:53
Last Modified: 22 Aug 2023 14:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31114

Actions (login required)

View Item
View Item