Analisis Prinsip Nisbah Bagi Hasil Pada Deposito Mudharabah (Studi Kasus Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram)

Dian Afrina, 190603124 (2023) Analisis Prinsip Nisbah Bagi Hasil Pada Deposito Mudharabah (Studi Kasus Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Prinsip Nisbah Bagi Hasil Pada  Deposito   Mudharabah (Studi Kasus Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram)] Text (Analisis Prinsip Nisbah Bagi Hasil Pada Deposito Mudharabah (Studi Kasus Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram))
Dian Afrina, 190603124, FEBI, PS, 082271540910.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Deposito mudharabah adalah investasi berjangka waktu dalam bentuk mata uang rupiah yang pengelolaan dananya berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah, dimana terdapat pembagian keuntungan dengan menggunakan sistem bagi hasil. Salah satu bank syariah yang menerapkan produk deposito mudharabah yaitu Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram. Dalam kegiatan operasionalnya, Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram menjalankan produk deposito dan menerapkan prinsip bagi hasil yang berpedoman pada ketentuan yang berlaku pada Fatwa Dewan Syariah Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan produk deposito mudharabah berdasarkan Fatwa DSN-MUI No. 03/DSN-MUI/IV/2000 dan prinsip nisbah bagi hasil berdasarkan Fatwa DSN-MUI No. 15/DSN-MUI/IX/2000 di Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan produk deposito mudharabah di Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram yaitu sudah berjalan sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku pada Fatwa DSN-MUI No. 03/DSN-MUI/IV/2000 tentang deposito. Untuk sistem bagi hasil usaha yang diterapkan Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram sudah memenuhi sebagian ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Fatwa DSN-MUI No. 15/DSN-MUI/IV/2000 yang mengatur tentang prinsip distribusi hasil usaha dalam lembaga keuangan syariah. Hanya saja pada poin kedua mengenai prinsip bagi hasil usaha yang digunakan pada Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram yaitu profit sharing (bagi untung).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil, Deposito Mudharabah, Profit Sharing
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Dian Afrina
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:35
Last Modified: 22 Aug 2023 14:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31121

Actions (login required)

View Item
View Item