Pengaruh Kegiatan Reading Time Terhadap Keterampilan Membaca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Ar-Rasyid Aceh Besar

Sacky Akbar, 180503004 (2023) Pengaruh Kegiatan Reading Time Terhadap Keterampilan Membaca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Ar-Rasyid Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pengaruh Kegiatan Reading Time Terhadap Keterampilan Membaca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Ar-Rasyid Aceh Besar] Text (Pengaruh Kegiatan Reading Time Terhadap Keterampilan Membaca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Ar-Rasyid Aceh Besar)
Sacky Akbar, 180503004, FAH, IP, 082213747295.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh kegiatan Reading Time terhadap keterampilan membaca anak di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan Reading Time terhadap keterampilan membaca anak di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ketua TBM Ar-Rasyid dan 7 orang anak yang mengikuti program Reading Time tersebut. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Reading Time ini memiliki pengaruh yang positif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan membaca anak setelah mengikuti kegiatan Reading Time ini, anak sudah dapat menentukan makna dari bahan bacaan yang mereka baca setiap jam Reading Time, anak-anak sudah mulai bisa memahami makna kata yang di dalam sebuah kalimat yang dibaca oleh anak, mereka sudah dapat menarik kesimpulan dari buku yang mereka baca setiap harinya serta juga dikarenakan kegiatan Reading Time mereka sudah lebih lancar membaca. Dalam pelaksanaan kegiatan membaca ini. TBM Ar-Rasyid juga memiliki beberapa kendala, antara lain masih minimnya dana dan masih minimnya koleksi terbaru untuk bahan bacaan anak dalam kegiatan Reading Time tersebut. Solusi selama ini yang dilakukan TBM Ar-rasyid dalam upaya mengatasi ataupun meminimalisirkan kendala tersebut, yaitu dengan cara menjalin kerja sama dengan kemitraan, mengikuti lomba-lomba yang ada dan melakukan kerja sama dengan TBM lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Sacky Akbar
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:54
Last Modified: 22 Aug 2023 14:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31124

Actions (login required)

View Item
View Item