Partisipasi Masyarakat Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan

Mayang Indah Sari, 190802096 (2023) Partisipasi Masyarakat Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Partisipasi Masyarakat Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan] Text (Partisipasi Masyarakat Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan)
Mayang Indah Sari, 190802096, FISIP, IAN, 081262317960.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan salah satu sumber daya yang sangat berpotensi untuk menunjang pendapatan daerah guna melaksanakan otonomi daerah dan pembangunannya. Tujuan utama Pajak Bumi dan Bangunan adalah untuk membiayai pelaksanaan otonomi daerah dan pembangunan serta meningkatkan kemandirian daerah dari potensi yang ada. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu tentang bagaimana partisipasi masyarakat terhadap kepatuhan membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) serta faktor-faktor penghambat partisipasi masyarakat untuk membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) Di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahaui partisipasi masyarakat terhadap kepatuhan membayar Pajak Bumi Dan Bangunan dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat partisipasi masyarakat untuk membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) Di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan Di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan tepatnya Di Gampong Ie Dingen, Kuta Buloh 1 Dan Bukit Mas masih kurang. Berdasarkan tingkat partisipasi masyarakat terhadap kepatuhan membayar Pajak Bumi Dan Bangunan di Gampong Ie Dingen, Kuta Buloh 1 dan Bukit Mas, Gampong Ie Dingen partisipasi masyarakatnya (Tinggi), Gampong Kuta Buloh 1 partisipasi masyarakatnya (Sedang), dan Gampong Bukit Mas partisipasi masyarakatnya (Rendah). Faktor yang mempengaruhi kurangnya partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi Dan Bangunan yaitu faktor kesadaran, kebiasaan dan kemampuan. Maka, dalam hal ini diharapkan ada kerja sama antara petugas pemungut pajak, perangkat gampong dan masyarakat wajib pajak untuk sama-sama memperbaiki dan meningkatkan Pajak Bumi Dan Bagunan Di Daerah masing-masing agar tercapainya pembanguan dan kesejahteraan masyarakat melalui pembayaran PBB.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pajak Bumi Dan Bangunan, Partisipasi,Wajib Pajak.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mayang Indah Sari Mayang
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:52
Last Modified: 22 Aug 2023 14:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31133

Actions (login required)

View Item
View Item