Penerapan Kebijakan Pemerintah Aceh Bagi Aksesibilitas Informasi Untuk Difabel

Cut Rinzani, 170503050 (2023) Penerapan Kebijakan Pemerintah Aceh Bagi Aksesibilitas Informasi Untuk Difabel. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Penerapan Kebijakan Pemerintah Aceh Bagi Aksesibilitas Informasi Untuk Difabel] Text (Penerapan Kebijakan Pemerintah Aceh Bagi Aksesibilitas Informasi Untuk Difabel)
Cut Rinzani, 170503050, FAH, IP, 082261829271.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Penerapan Kebijakan Pemerintah Aceh bagi Aksesibilitas Informasi untuk Difabel. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan kebijakan pemerintah Aceh bagi aksesibilitas informasi untuk difabel di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kebijakan pemerintah Aceh bagi aksesibilitas informasi untuk difabel di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Informan pada penelitian ini adalah kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dan 2 orang pustakawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan pemerintah Aceh bagi aksesibilitas informasi untuk difabel di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sejauh ini sudah mulai diterapkan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh tidak mempunyai kebijakan khusus untuk difabel. Dalam penerapannya Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh menerapkan layanan publik yang mudah diakses semua kalangan masyarakat, tidak terkecuali difabel. Di Dinas Perpustakan dan Kearsipan Aceh sejauh ini aksesebilitas informasi khusus untuk difabel belum diterapkan karena mengingat perpustakaan yang masih baru dan masih banyak kebutuhan lain akan tetapi sarana dan prasarana untuk difabel dalam mengakses informasi sudah disediakan yaitu adanya ruangan khusus untuk difabel, adanya toilet khusus difabel, lift, kursi roda, tongkat, koleksi braille dan audio book.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Cut Rinzani
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:54
Last Modified: 22 Aug 2023 14:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31137

Actions (login required)

View Item
View Item