Efektivitas Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa Di Mtsn 4 Aceh Besar

Elsi Julia, 180213077 (2023) Efektivitas Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa Di Mtsn 4 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa Di Mtsn 4 Aceh Besar] Text (Efektivitas Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa Di Mtsn 4 Aceh Besar)
Elsi Julia, 180213077, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Harga diri (self esteem) adalah proses evaluasi yang ditujukan indivu pada diri sendiri, yang nantinya berkaitan dengan proses penerimaan individu terhadap dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Teknik modelling dalam konseling individual untuk merubah self esteem pada siswa di MTSN 4 Aceh Besar, 2) Untuk mengetahui efektivitas Teknik modelling dalam layanan konseling individual terhadap self esteem pada siswa di MTSN 4 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian 6 orang yaitu 1 orang guru BK, 5 orang siswa dengan kriteria siswa yang mempunyai self esteem rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik trianggulasi, instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Hubberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, Self esteem siswa di MTSN 4 Aceh besar masih tergolong rendah hal ini dibuktikan dengan adanya siswa yang kurang membuka diri, tidak aktif, pendiam, kurang sosialisasi dengan lingkungan. Pelaksanaan Teknik modelling dalam konseling individual untuk merubah self esteem pada siswa di MTSN 4 Aceh Besar yang dilakukan oleh guru BK sudah efektif untuk mengentaskan masalah siswa. Selain itu, penggunaan Teknik modelling dalam konseling individual sangat menarik perhatian siswa sehingga mereka mengikuti konseling individual dengan Teknik modelling selama 3 atau 4 kali untuk merubah perilaku self esteem mereka. Adapun Teknik modelling yang dilakukan oleh guru BK adalah dengan memberikan siswa kebebesan memilih model yang hendak ditiru, guru BK juga menghadirkan model secara langsung atau simbolik baik berupa media atau alat sebagai pendukung pemberian Teknik modelling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Elsi Julia
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:57
Last Modified: 22 Aug 2023 14:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31139

Actions (login required)

View Item
View Item