Peran Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kepemudaan, Dan Olahraga Aceh Jaya Dalam Pengelolaan Sektor Pariwisata

Yusrijal, 160802059 (2023) Peran Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kepemudaan, Dan Olahraga Aceh Jaya Dalam Pengelolaan Sektor Pariwisata. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kepemudaan, Dan Olahraga Aceh Jaya Dalam Pengelolaan Sektor Pariwisata] Text (Peran Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kepemudaan, Dan Olahraga Aceh Jaya Dalam Pengelolaan Sektor Pariwisata)
Yusrijal, 160802059, FISIP, IAN, 081260766248.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang bisa menunjang kemajuan suatu daerah, terutama dengan adanya peraturan mengenai otonomi daerah Kegiatan ini diberlakukan salah satunya atas dasar karena masyarakat daerah memiliki modal yang dapat di andalkan untuk kemajuan daerahnya, salah satunya adalah melalui kegiatan pariwisata. Pengelolaan objek wisata di Kabupaten Aceh Jaya sangat penting untuk dilakukan agar objek wisata tersebut dapat menjadi pusat daya tarik sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk peran pemerintah dan konsep pengelolaan sektor pariwisata di kabupaten Aceh Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif dilakukan dengan metode wawancara dan obeservasi untuk menggambarkan secara umum tentang masalah-masalah yang diteliti. Pada penelitain ini peneliti menggunakan indikator pengelolaan menurut Geroge R. Terry menejelaskan bahwa pengelolaan yang baik meliputi, yaitu: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating), Pengawasan (Controlling). Bedasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa Peran pemerintah dalam pengelolaan pariwisata di Aceh Jaya dengan membantu menumbuhkan usaha-usaha ekonomi yang saling merangkai kegiatan perekonomian sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Aceh Jaya. Konsep pengelolaan yang dilakukan dengan perencanaan yang dilakukan oleh Disparekrafpora Aceh Jaya lebih pada menetapkan 10 destinasi wisata. Pengorganisasian dengan melakukan pembinaan kepada pihak-pihak pengelola wisata. Penggerakan pengelolaan wisata, yaitu mengupayakan adanya dukungan partisipasi dari semua pihak yang terlibat memberikan motivasi, dan mengembangkan potensi secara optimal dan hal penghambat dalam mencapai tujuannya. Melakukan pengawasan kepada kelompok masyarakat agar dapat mengetahui update selanjutnya

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pengelolaan; Pariwisata
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Yusrijal Yusrijal
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:31
Last Modified: 23 Aug 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31140

Actions (login required)

View Item
View Item