Penerapan Standar Jasa Penyeberangan Transportasi Laut Balohan Sabang - Ulee Lheu Banda Aceh Pada Dinas Perhubungan Aceh

Sa'adatul Ulya, 170802131 (2023) Penerapan Standar Jasa Penyeberangan Transportasi Laut Balohan Sabang - Ulee Lheu Banda Aceh Pada Dinas Perhubungan Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan standar jasa, Transportasi laut, Pelabuhan Ulee-lhe Kota Banda Aceh dan Pelabulan Balohan Kota Sabang] Text (Penerapan standar jasa, Transportasi laut, Pelabuhan Ulee-lhe Kota Banda Aceh dan Pelabulan Balohan Kota Sabang)
Sa'adatul Ulya, 170802131, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Standar Jasa Penyeberangan Transportasi Laut Balohan Sabang - Ulee Lheu Banda Aceh Pada Dinas Perhubungan Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan standar jasa penyebrangan transportasi laut Balohan Sabang Ulee lheu Banda Aceh pada Dishub Aceh dan ntuk mengetahui faktor pennghambat terhadap transportasi laut Balohan Sabang Ulee Lhue Banda Aceh pada dishub Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Hasil penelitian pada Dishub Aceh dilakukan dengan penindakan tegas dari pihak pengelola terhadap perokok yang merokok didalam kapal yang mana sangat mengganggu bagi penumpang lain terutama bagi kaum wanita, mengantisipasi terjadinya over kapasitas pihak pengelola jasa mensiasati agar hal ini bisa diminimalisir jauh-jauh hari sebelumnya, dengan menambah armada kapal atau minimal dengan menambah jadwal keberangkatan kapal dalam sehari sehingga tidak menyebabkan terjadinya over kapasitas atau muatan berlebih yang dapat membahayakan keselamatan penumpang, menyedian alat keselamatan seperti Sekoci Penyelamat (Life boat) dan Life jacket (Jaket penolong) berbentuk seperti pakaian. Sedangkan faktor penghambatnya masih ada saja penumpang kapal yang masih tidak sadar akan apa yang telah disampaikan tersebut, padahal hal tersebut akan berdampak pada keselamatannya ketika berlayar. Kesimpulan dari penelitian ini ialah Dinas Perhubungan Aceh melaksanakan tugas urusan pemerintahan dan pembangunan di bidang Perhubungan. Salah satunya adalah melakukan pengawasan dan penertiban terhadap angkutan antarkota dalam provinsi, yang terdiri dari pengawasan izin, pengawasan wajib masuk terminal, dan pengawasan uji layak jalan. Selain itu juga melakukan pengawasan terhadap strandar pelayanan kapal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sa'adatul Ulya Ulya
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:42
Last Modified: 24 Aug 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31145

Actions (login required)

View Item
View Item