Karakterisasi dan Uji Antagonisme Cendawan Endofit dari Daun Jagung Manis (Zea Mays saccharata Sturt) sebagai Pengendali Cendawan Patogen Fusarium sp. dan Aspergillus sp.

Ernia Wati, 160703019 (2021) Karakterisasi dan Uji Antagonisme Cendawan Endofit dari Daun Jagung Manis (Zea Mays saccharata Sturt) sebagai Pengendali Cendawan Patogen Fusarium sp. dan Aspergillus sp. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Karakterisasi dan Uji Antagonisme Cendawan Endofit dari Daun Jagung Manis (Zea Mays saccharata Sturt) sebagai Pengendali Cendawan Patogen Fusarium sp. dan Aspergillus sp.] Text (Karakterisasi dan Uji Antagonisme Cendawan Endofit dari Daun Jagung Manis (Zea Mays saccharata Sturt) sebagai Pengendali Cendawan Patogen Fusarium sp. dan Aspergillus sp.)
SKRIPSI ERNIA WATI CETAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Jagung (Zea mays) adalah tanaman budidaya yang penting di dunia setelah padi dan gandum. Jagung manis menjadi bahan pangan yang banyak digemari oleh masyarakat. Serangan hama dan patogen pada budidaya jagung menyebabkan penurunan produktifitas tanaman. Fussarium sp. dan Aspergillus sp. merupakan cendawan patogen yang sering ditemukan pada tanaman jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan cendawan endofit dari daun jagung manis serta kemampuan antagonismenya dalam menghambat Fusarium sp. dan Aspergillus sp. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 9 isolat cendawan endofit yaitu Isolat FZ1, FZ2, FZ3, FZ4, FZ5, FZ6, FZ7, FZ8 dan FZ9 yang ditemukan pada daun jagung manis. Hasil identifikasi makroskopis dan mikroskopis, cendawan endofit ada daun jagung manis terdiri dari genus Penicillium sp., Beauveria sp., Tricodherma sp., Geotrichum sp. dan Chepalosporium sp. Hasil uji antagonisme menunjukkan isolat FZ1, FZ2, FZ3 dan FZ4 memiliki kemampuan yang tinggi dalam menghambat Fusarium sp. lebih dari 60%, tetapi tidak efektif dalam menghambat Aspergillus sp. Mekanisme daya hambat yang terjadi antara isolat endofit dan Fusarium sp. yaitu mekanisme kompetisi dan parasitisme.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 660 Chemical Engineering and Related Technologies (Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Ernia Wati Ernia
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:23
Last Modified: 23 Aug 2023 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31147

Actions (login required)

View Item
View Item