Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh Dalam Penanggulangan Kekerasan terhadap Anak

Mis Suwarni, 170802055 (2023) Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh Dalam Penanggulangan Kekerasan terhadap Anak. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran DP3A Provinsi Aceh, Kekerasan Anak, Provinsi Aceh] Text (Peran DP3A Provinsi Aceh, Kekerasan Anak, Provinsi Aceh)
Mis Suwarni, 170802055, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Provinsi Aceh alasan masih tingginya kekerasan terhadap anak disebabkan oleh beberapa faktor pertama masih lemahnya pengetahuan keluarga, dimana ini menjadi penyebab paling dominan terjadinya kekerasan terhadap anak. Situasi keluarga, khususnya hubungan orang tua yang kurang harmonis, menyebabkan seorang ayah akan sanggup melakukan kekerasan terhadap anak-anak. Kedua ketiadaan kepastian hukum, ini dikarenakan hukum yang lemah tidak dapat menumbuhkan rasa takut dari para pelaku kekerasan sehingga mereka dapat terus melakukan kekerasan tanpa adanya kekhawatiran. Meskipun Aceh sudah memliki qanun Aceh dan undang-undang namun belum memberikan kepastian hukum bagi pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak. Hal ini disebabkan oleh tidak konsistennya pemerintah terhadap pelaku. Ketiga normalisasi kekerasan terhadap perempuan dan anak, normalisasi kekerasan terjadi karena masyarakat kurang peka terhadap isu-isu kekerasan yang dialami perempuan sehingga menghambat proses penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Lembaga DP3A dalam penanggulangan kekerasan terhadap anak di Provinsi Aceh dan Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kekerasan terhadap anak di Provinsi Aceh. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam pada para informan, pengamatan, penelusuran secara langsung dan data pendukung berupa buku tahunan tentang kasus kekerasan pada perempuan dan anak dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Provinsi Aceh. Hasil penelitian menunjukkan peran DP3A Aceh terhadap penanggulangan kekerasan anak di Aceh yaitu adanya upaya melibatkan seluruh instansi dan lembaga yang fokus kepada anak baik pemerintah maupun non pemerintah untuk bekerja sama, melakukan sosialisasi terhadap masyarakat dan anak terkait kekerasan dan dampak kekerasan, melakukan pendampingan dan melakukan pemberdayaan terhadap korban kekerasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mis Suwarni Mis
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:31
Last Modified: 25 Aug 2023 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31149

Actions (login required)

View Item
View Item